Laurenzus Kadepa Apresiasi Upaya Komnas HAM Tuntaskan Pelanggaran HAM

Tukan Ben
Anggota Komisi I DPR Papua, Laurenzus Kadepa bertemu dengan Wakil Ketua Komisioner Komnas HAM RI, Amiruddin, Rabu, 22 Juni 2022.

 

TIFFANEWS.COM,-  Anggota Komisi I DPR Papua, Laurenzus Kadepa mengapresiasi langkah Komnas HAM RI terkait upaya untuk penuntasan kasus-kasus dugaan pelanggaran HAM berat di Bumi Cenderawasih.

“Saya apresiasi dengan langkah-langkah dan komitmen Komnas HAM RI yang luar biasa selama ini,” kata Laurenzus Kadepa, usai bertemu dengan Wakil Ketua Komisioner Komnas HAM RI, Amiruddin, Rabu, (22/6).

Untuk kasus Paniai berdarah 2014, lanjut Kadepa, kini sudah masuk ke proses persidangan yang sidangnya direncanakan Minggu depan di Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

“Mari sama-sama mengawal proses hukum ini agar semua berjalan baik,” kata Kadepa yang juga mantan Ketua Panitia Khusus (Pansus) DPR Papua untuk kasus Paniai Berdarah 2014

Ia berharap kasus Paniai itu, menjadi pintu masuk untuk kasus-kasus dugaan pelanggaran HAM berat lain di Papua yang mandek di Kejaksaan Agung RI maupun di Kemenkopolhukam.

Sementara terkait inisiatif dialog damai Papua yang digagas oleh Komnas HAM RI, Kadepa, menilai hal itu sebagai langkah baik yang perlu didukung oleh semua pihak.

“Langkah baik ini wajib didukung oleh semua pihak,” tandas Kadepa.

Untuk diketahui, Delegasi Komnas HAM RI yang dipimpin Ketua, Ahmad Taufan Damanik didampingi Komisioner Beka Ulung Hapsara dan Komisioner Mochamad Choirul Anam diterima Komisioner Tinggi HAM PBB, Michelle Bachelet di kantor PBB Jenewa, Swiss. Kamis (16/6)

Pada pertemuan tersebut kedua lembaga mendiskusikan isu-isu aktual seperti situasi hak asasi manusia di Indonesia termasuk inisiatif dialog damai Papua yang digagas oleh Komnas HAM RI.

Komnas HAM RI menyampaikan berbagai perkembangan mendasar pemajuan dan penegakan hak asasi manusia di Indonesia, termasuk penyelesaian beberapa kasus yang menjadi perhatian publik maupun tantangan yang sedang dihadapi. Termasuk di dalamnya perubahan terkait kemajuan kebijakan hak asasi manusia dan hambatan yang masih terjadi.

Komnas HAM RI juga menyampaikan inisiatif dialog damai Papua sebagai upaya pendekatan penyelesaian berbagai masalah hak asasi manusia di Papua. Michelle Bachelet menyampaikan apresiasi atas langkah Komnas HAM RI , khususnya terkait inisiatif dialog damai. Penyelesaian damai Papua merupakan cara terbaik dalam konteks hak asasi manusia.

Michelle Bachelet juga menyampaikan berbagai pengalaman di negara lain yang dapat dijadikan contoh guna mewujudkan dialog damai serta berkomitmen mendukung langkah-langkah yang akan dilakukan Komnas HAM RI.

Komnas HAM RI percaya dialog damai Papua dapat terwujud, dan berharap semakin banyak pihak yang memberikan dukungan terhadap inisiatif yang ada sehingga Papua yang adil dan damai sejahtera bisa tercapai segera.(*bn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kasdam XVII/Cenderawasih Pimpin Penerimaan Satgas Yonif Mekanis 203/AK dan Yonif Raider 321/GT Tahun 2022

TIFFANEWS.COM, Timika – Bertempat di lapangan Makodim 1710/Mimika Jalan Agimuga Mile-32 Distrik Kuala Kencana Kab. Mimika, Pangdam XVII/Cenderawasih diwakili Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, S.E., Kasdam XVII/Cenderawasih memimpin Upacara Penerimaan Satgas organik Yonif Mekanis 203/AK dan Yonif Raider 321/GT yang akan bertugas di wilayah jajaran Korem 172/PWY, Distrik Mbua […]
Translate »