LP3KN Gelar Rakernas Menuju Pesparani II Kupang

Tukan Ben
FOTO DOKUMENTASI : Misa Pembukaan Pesta Paduan Suara Kristiani (Perparani) Katolik tingkat Provinsi Papua yang berlangsung di Jayapura, Papua, Kamis (14/11/2019)

 

TIFFANEWS.COM,- Pesparani Nasional II di NTT yang seyogianya dilaksanakan pada tahun 2020 telah tertunda karena pandemi covid-19, demikian pula pada tahun 2021 namun karena tidak memungkinkan maka diundur untuk kedua kalinya.

Pesta Paduan Suara Gerejani yang selanjutnya disingkat Pesparani adalah suatu aktivitas seni budaya masyarakat Katolik dalam bentuk pagelaran dan lomba musik liturgi dengan tujuan mengembangkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan masyarakat Katolik terhadap ibadah/liturgi gerejani.

Untuk hal tersebut LP3KN ( Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Nasional) beserta 34 Ketua LP3KD dan Penbimas se Indonesia akan mengadakan Rapat Kerja Nasional yang akan dilaksanakaan di Pusat Pastoral KAJ, Samadi, Klender pada 13-15 Mei 2022, dengan mengambil thema “Sukseskan Pesparani Tingkat Nasional II di NTT, Perkuat Toleransi dan Moderasi Beragama Menuju Indonesia Bermartabat”.

Selain memastikan kesiapan panitia dan LP3KD dari 34 Provinsi se-Indonesia, juga akan diadakan Soft Lauching Pesparani II serta pemantapan nilai-nilai strategis kontribusi umat Katolik bagi bangsa dan Negara, untuk menuju Indonesia yang berkemakmuran 2045.

Pelaksanaan Pesparani II di Kupang yang selalu diadakan saat memperingati Sumpah Pemuda di bulan Oktober ini,   merupakan kegiatan dimana suara-suara Ke-Bhinekaan dalam memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa serta merajut perdamaian dan persaudaraan anak-anak Bangsa disuarakan melalui forum budaya.

Sebagai bangsa dengan filosofi kekeluargaan, diharapkan berbagai aktivitas ini akan menjadi spirit toleransi, jadi nilai-nilai keagamaan dan pengembangan seni budaya keagamaan dikedepankan sebagai kontribusi bagi pemantapan jati diri bangsa.

Misa Pembukaan Rakernas akan dipimpin oleh Mgr. Antonius Subianto, OSC, Sekjen KWI, yang dilanjutkan pembukaan Rakernas oleh Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas.

Menteri Agama menyambut baik pelaksanaan Rakernas dan Rakernas II di Kupang sebagai salah satu upaya untuk memperkuat toleransi dan moderasi beragama, bukan saja untuk warga NTT, tetapi untuk semua provinsi yang hadir pada Rakernas II.

Mengingat pentingnya dukungan strategis dan berkesinambungan dari pemerintah dalam pelaksanaan Pesparani II , maka selain Menteri Agama RI, Rakernas juga akan menghadirkan beberapa menteri sebagai nara sumber untuk menyampaikan berbagai program pemerintah kepada perwakilan LP3KD dari 34 provinsi. Adapun menteri yang akan hadir adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto , Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian; Menteri BUMN, Eric Thohir dan Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate.  (*bn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Masyarakat Vier-Mappi Antusias Sambut Kedatangan Satgas TMMD Ke-13

  TIFFANEWS.COM,- TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-113 Kodim 1707/Merauke dengan sasaran pembangunan 20 unit rumah masyarakat semi permanen di Kampung Vier Distrik Ti Zain Kabupaten Mappi – Papua sudah dimulai beberapa hari yang lalu melalui Pra TMMD Ke-113. Komandan Kompi Satgas TMMD Ke-113 Kodim 1707/Merauke, Kapten Inf Herman Purba […]
Translate »