Makna Logo PON XX 2021 Papua

Marcel
Makna dibalik Logo PON Papua. (Sumber Foto : Indonesia Baik)

 

Menghitung bulan, menghitung hari menjelang berlangsungnya Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Papua yang direncanakan tanggal 2 s.d 15 Oktober 2021, logo resmi pesta olahraga se-Indonesia yang pertama kali diperkenalkan di Bumi Cendrawasih ini diluncurkan. Ada dua versi primer logo ini yaitu horizontal dan vertikal dengan warna mayoritas kuning keemasan dengan tiga lingkaran olimpade dan ukiran khas Papua.

 

Konsep dasar logo PON XX Papua 2020 merupakan Stadion Papua Bangkit yang mana merupakan simbol kemegahan di bidang olahraga rakyat Papua. Kemegahan Stadion Papua Bangkit hampir setara dengan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta, bahkan disebut-sebut memiliki kemiripan dengan stadion sepak bola terbesar kedua di dunia, Salt Lake di India.

 

Stadion Papua Bangkit yang menjadi ikon Papua ini tentunya bertaraf internasional dengan standar FIFA dan dilengkapi dengan lapangan pendamping untuk menggelar latihan yang juga menggunakan rumput berjenis Zoysia Matrella dan sebagai simbol wadah pemersatu.

 

Kemudian bentuk segitiga menjulang mengibaratkan kontur geografi Papua yang terdapat beberapa pegunungan serta memiliki banyak sumber kekayaan alam. Untuk ukiran dalam logo sendiri mewakili keragaman budaya khas Papua.

 

Sementara tiga lingkaran olimpiade berwarna merah, kuning, dan hijau mengartikan Prestasi, Sportivitas dan Solidaritas akan menjadi pemersatu rakyat dalam olahraga dan akan tetap kokoh serta abadi bila didasari prinsip yang berkebangsaan satu, berbahasa satu dan bertanah air satu, INDONESIA. Bentuk tiga lingkaran ini sekaligus mewakili tiga ring dalam logo KONI sebagai wadah induk olahraga prestasi Indonesia.

Terakhir, secara tersirat logo ini berbentuk sebuah kalderon olimpiade dengan cawan yang terbentuk dan Stadion Papua Bangkit. Bentuk ini memberikan simbol energi semangat baru bagi masyarakat Papua, juga menjadi kebanggaan sekaligus tempat pemersatu para juara dalam kompetisi Pekan Olahraga Nasional. (Kemenkominfo/Redaksi)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

TNI Bantu Sosialisasi Swab Antigen Covid-19 di Kemtuk Gresi

TIFFANEWS.COM, – Babinsa Koramil 1701-14/Kemtuk Gresi Sertu Slamet Robiantoro bersama Bhabinkamtibmas Polsek Kemtuk Gresi Aipda Krisbiantoro telah melaksanakan membantu kegiatan sosialisasi Tracing/Swab Antigen di Posyandu Nadumindu Kampung Ibub Distrik Kemtuk Gresi. Jumat (11/6/2021). Sertu Slamet menjelaskan bahwa kegiatan pendahuluan sosialisasi dilaksanakan secara terbuka di tempat ini karena di Kampung Ibub […]
Instagram did not return a 200.
Translate ยป