Menpora Minta Persiapan Nonfisik PON Papua Juga Ditingkatkan

Marcel
Menpora Zainudin Amali

TIFFANEWS.COM, – Jelang penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang dijadwalkan pada 2-15 Oktober, Kementerian Pemudan dan Olahraga (Kemenpora) menyatakan bahwa pesta olahraga akbar itu siap digelar.

Menpora Zainudin Amali menekankan bahwa persiapan fisik dalam penyelenggaraan PON XX Papua, khususnya yang menjadi tanggung jawab Kemenpora, sudah berjalan sesuai rencana.

“Persiapan venue, persiapan tempat penginapan, kemudian transportasi, itu saya kira sudah berjalan. Mana yang menjadi tanggung jawab pemerintah pusat melalui pendanaan APBN, baik di Kemenpora maupun Kementerian PUPR, Kominfo, kemudian Kemenhub, saya kira itu sudah teralokasi,” tutur Zainudin dalam suatu diskusi, Kamis (24/6), sebagaimana data yang diperoleh dari Media Indonesia.

Adapun hal yang menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota, dikatakannya juga sudah siap. Pernyataan Zainudin mengacu laporan Gubernur Papua Lukas Enembe, yang disampaikan dalam rapat terbatas pada 15 Maret lalu,

“Setelah kami memaparkan persiapan, kemudian Bapak Presiden bertanya kepada Gubernur Papua. Pak Gubernur bagaimana, sangat singkat jawaban Pak Gubernur waktu itu, bahwa Papua siap menyelenggarakan PON 2021,” pungkas Zainudin.

Selain aspek fisik, Zainudin juga mengingatkan urgensi persiapan PON XX yang bersifat nonfisik. Menurutnya, persiapan nonfisik, seperti komunikasi internal antara PB PON Papua dan Sub PB PON di empat klaster, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Timika dan Kabupaten Merauke, terbilang sangat penting.

Pasalnya, masalah komunikasi antara PB PON dan pemerintah wilayah di empat klaster sempat memicu polemik. Bahkan, menimbulkan ancaman penolakan tuan rumah PON dari Wali Kota Jayapura dan Kabupaten Mimika. Alasannya, tidak ada kejelasan dan transparansi soal pembagian anggaran dari PB PON.

Namun, Zainudin memastikan masalah internal tersebut sudah terselesaikan. Dia kemudian meminta agar komunikasi terus ditingkatkan, sehingga persiapan PON tetap optimal. “Tentu ini harus bisa terkoordinasi dengan baik. Supaya hajatan besar yang menjadi agenda empat tahunan bisa berlangsung dengan baik,” katanya. (Cel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kemenkominfo Antisipasi Lonjakan Data Jelang PON XX Papua

TIFFANEWS.COM – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan telah mengantisipasi potensi kenaikan trafik menjelang penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua. Menurutnya, Kementerian Kominfo akan menyiapkan backup jaringan telekomunikasi untuk mendukung kebutuhan panitia penyelenggara hingga atlet dan ofisial. “Kami menyadari bahwa akan terjadi peningkatan trafik yang besar, […]
Instagram did not return a 200.
Translate »