Menpora : Seluruh Rakyat Indonesia Harus Dukung PON Papua

Tukan Ben
Arsip Foto : Para pengunjung mendatangi arena Gebyar PON XX Papua di Jayapura, 19 Juni 2021 (Foto : dok Tiffanews)

TIFFANEWS.COM,- PON XX Papua 2021 adalah kegiatan multi even olahraga milik nasional jadi seluruh  rakyat Indonesia, harus mendukung kesuksesan itu.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan hal itu dalam talkshow PrimeTalk Metro TV “100 Hari Menuju PON XX Papua”, bersama Menkominfo Johnny G Plate yang dipandu presenter Aviani Malik,  Rabu (30/6).

“Kebanggaan akan kesuksesan bukan kebangaan hanya masyarakat Papua, tetapi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia. Kita percaya, kita beri keyakinan bahwa saudara-saudara kita yang ada di Papua pasti bisa. Makanya mengambil tema tagline “torang bisa”” ungkap Menpora.

Menpora mengatakan, tidak ada masalah menyangkut progres dari venue di empat klaster, baik itu di kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke, dan Kabupaten Mimika.

“Semua sesuai dengan jadwal bahkan peralatan-peralatan pertandingan yang diadakan oleh daerah itu sendiri maupun pusat, paling lama Agustus sudah ada di tempatnya, karena  kita ada test even untuk pelaksanaan kegiatan, maka harus dipesatikan bahwa semua venue itu sudah dan bukan hanya venue, tapi juga tempat-tempat penginapan kontingen yang datang dari 33 provinsi lainnya,” kata Menpora Amali

Menpora Zainudin Amali. (Foto : kemenpora.go.id)

Menpora mengungkapkan bahwa Indonesia nantinya bakal belajar dari Olimpiade Tokyo terkait penerapan prokes yang sesuai bagi ajang olahraga sekelas multievent tersebut.

Sistim bubble itu antara penginapan dari peserta ke tempat pertandingan itu harus terjaga kesehatannya. Kemudian mereka kembali lagi juga ke tempat penginapan. Jadi rutenya itu jelas kemungkinan kita akan jaga ketat tidak boleh orang keluyuran kesana kemari. Karena di situ ada potensi untuk prokesnya bisa tidak disiplin.

“Jadi memang benar-benar itu sistem bubble diberlakukan tetapi dijamin semua kebutuhan dari atlet kemudian pelatih, tenaga pendamping, official dan lain sebagainya itu juga tersedia di situ. Kita tentu akan kita sesuaikan mana yang memungkinkan untuk kita terapkan. Tetapi yang jelas protokol kesehatan itu benar-benar kita terapkan,” katanya.

PON XX Papua rencananya akan digelar pada 2-15 Oktober 2021. Event empat tahunan ini akan mempertandingkan total 37 cabang olahraga dan 56 disiplin olahraga. (bn)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

PON XX Papua Diperkirakan Beri Kontribusi pada Pertumbuhan Ekonomi

TIFFANEWS.COM,- Bank Indonesia perwakilan Papua  memperkirakan pelaksanaan PON XX akan memberikan kontribusi tambahan terhadap pertumbuhan ekonomi Papua sebesar 0,8 persen-1,2 persen (yoy). “Pertumbuhan tersebut mayoritas didukung pada aktivitas sektor konstruksi atas pembangunan sarana dan prasarana pendukung PON XX. Demikian pula dengan sektor lainnya seperti penyediaan akomodasi dan makan minum, sektor […]
Instagram did not return a 200.
Translate »