Menteri Sandiaga Uno Kunjungi Desa Wisata Kampung Yoboi

Tukan Ben
Pemuda Kampung Yoboi menyajikan racikan kopi bagi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno yang didampingi Ketua Kelompok Sadar Wisata Kampung Yoboi Billy Tokoro (Foto : ANTARA News Papua/HO-Humas Komunitas Sosial D2WNG)

 

TIFFANEWS.COM,-  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Kampung Yoboi, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua yang menjadi salah satu desa penerima penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) bersama 49 desa lainnya di seluruh Indonesia pada Selasa (21/9).

“Dengan masuk dalam 50 desa terbaik, Kampung Yoboi harus dapat membuka lapangan usaha seluas-luasnya,” kata Menteri Sandiaga di Jayapura, Selasa (21/9).

Menurut Menteri Sandiaga, pihaknya akan memberikan bantuan berupa kapal pengangkut penumpang bagi Kampung Yoboi agar dapat mengangkut wisatawan yang hendak mengunjungi wilayah tersebut.

“Estimasi satu bulan, tambahan perahu dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan diberikan kepada Kampung Yoboi untuk mendukung tempat wisatanya dalam hal transportasi,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengatakan, pihaknya mengapresiasi Menteri Sandiaga Uno yang mengunjungi Kampung Yoboi dengan menggunakan perahu.

“Selain itu, Menteri Sandiaga menyatakan Kampung Yoboi masuk dalam 50 desa terbaik dan ini akan menjadi tantangan tersendiri dengan segala keterbatasan yang ada,” katanya.

Dia menjelaskan, anak-anak muda di Kampung Yoboi bisa menciptakan kreasi yang unggul dengan gayanya sendiri, bahkan menjadi viral bukan dari pemerintah, tapi karena usahanya sendiri.

“Ini cara terbaik untuk membangun Papua, bukan dari kota tapi dari kampung, memberi pelajaran berharga, untuk itu kami mengajak anak-anak muda kembali ke kampung,” ujarnya.

Sekadar diketahui, Yoboi, salah satu kampung di Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, mendapat Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) bersama 49 desa lainnya di seluruh Indonesia, di mana penghargaan ADWI tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno di Kampung Yoboi, Selasa (21/9).

Tercatat sebanyak 1.831 desa di seluruh Indonesia yang mengikuti lomba Desa Wisata, 100 desa dinyatakan lolos kurasi lalu dikerucutkan menjadi 50 desa yang dianugerahi ADWI 2021, termasuk Kampung Yoboi.

Bahkan penjurian dan penilaiannya sudah dilakukan selama enam bulan lalu, dan awalan yang ditentukan meliputi homestay, toilet, suvenir, desa digital, CHSE, konten kreatif dan daya tarik wisata. (ant/*bn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Banjarmasin Sumbang 41 Atlet untuk Kontingen Kalsel di PON Papua

  TIFFANEWS.COM,-  Ketua KONI Kota Banjarmasin H Hermansyah mengungkapkan, daerahnya menyumbang 41 atlet untuk kontingen Provinsi Kalimantan Selatan dalam mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 tahun 2021 di Provinsi Papua. Menurut dia saat di kantor KONI Kalsel di Banjarmasin, Selasa (21/9), Kota Banjarmasin penyumbang atlet terbanyak untuk kontingen Kalsel ke […]
Instagram did not return a 200.
Translate »