oleh

Ondoafi Abisai Rollo Kembali Hibahkan Tanah 5000 M2 di Koya untuk Pembagunan Polsek Muara Tami

-BERITA-160 views

TIFFANEWS.COM- Ondoafi Abisai Rollo, SH, MH kembali menghibahkan tanah miliknya di Koya Timur,Kota Jayapura sebagai tempat untuk pembangunan Kantor Polsek Muara Tami yang baru.

Lokasi tanah yang terletak di pertigaan antara arah Perbatasan Papua-PNG dan Koya Timur tersebut dihibahkan secara gratis oleh Ondoafi Besar Skow Yambe ini kepada Polresta Jayapura Kota dengan luas 100 × 50 atau 5000 meter persegi.

Sementara itu hibah tanah yang dilakukan oleh pria yang menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Jayapura ini bukan kali ini saja. Sebelumnya juga telah dilakukan penyerahan tanah milik pribadinya seluas 16,8 hektar di kepada Negara Indonesia untuk membangun Istana Kepresidenan yang rencananya akan mulai dibangun pada tahun 2021 mendatang oleh Presiden Joko Widodo.

Tanah seluas 16,8 hektar ini yang terletak di Koya Distrik Muara Tami Kota Jayapura tersebut secara resmi sudah diserahkan olehnya kepada Presiden Joko Widodo baik pelepasan adat maupun sertifikatnya.

Selain itu baru-baru ini juga Abisai Rollo Rollo juga menyerahkan tanahnya untuk rencana pembangunan Kantor Polda Papua yang baru di Koya termasuk tanah untuk pembangunan Pusat Pemerintahan Provinsi Papua,  dimana Gubernur Papua, Lukas Enembe berencana akan memindahkan Kantor Gubernur Papua  dan seluruh OPD-nya di Koya nanti. Termasuk tanah untuk membangun Rumah Sakit Aryoko Jayapura milik TNI.

“Jadi apa yang saya lakukan ini sebagai bentuk rasa cinta saya terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Saya tidak punya apa- apa,tetapi karena saya punya tanah luas di Koya sini sehingga hanya ini yang bisa saya berikan kepada Negara,”ungkap Ondoafi Abisai Rollo, SH,MH.

Rollo mengatakan, tidak ada maksud lain dari apa yang dilakukan dirinya saat ini,semata melihat untuk bagaimana membantu Negara Indonesia baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Papua dan TNI-POLRI.

Selain itu dengan dibangunnya Istana Kepresidenan Indonesia di Koya nanti, maka daerah tersebut bisa lebih maju dan berkembang dari sisi pembangunan infrastrukturnya kedepannya.

Begitu juga dengan pembangunan Pusat Pemerintahan Provinsi Papua yang mana sesuai rencana dari bapak Gubernur, Lukas Enembe akan mulai dibangun pada tahun 2021 mendatang.

Ondoafi Skow Yambe, Abisai Rollo SH bersama Istri, Kapolresta Jayapura Kota, AKBP Gustav R. Urbinas, SH , Kapolsek Muara Tami, Jubelina Wally saat meninjau lokasi di Koya Timur, Sabtu (24/10)

Demikian juga pembangunan Polda Papua, Rumah Sakit Aryoko Jayapura dan Kantor Polsek Muar Tami, semua ini dilihat dirinya agar kedepan pelayanan kesehatan untuk masyarakat di wilayah perbatasan ini lebih mudah.

Termasuk pelayanan kemasyarakatan dari aparat kepolisian juga lebih mudah dijangkau dan bisa memberikan rasa aman terhadap seluruh warga yang tinggal di Koya Distrik Muara Tami ini, termasuk dalam upaya pencegahan penyeludupan barang-barang ilegal seperti Ganja dari Negara tetangga PNG yang saat ini masih marak masuk ke Papua dengan mudah melalui askes darat.

Lanjut Rollo, untuk mendukung pembangunan Kantor Polsek Muara Tami yang baru dimana dirinya bersama Kapolresta Jayapura Kota didampingi Kapolsek Muaratami telah meninjau langsung lokasi atau lahan yang rencananya untuk pembangunan Polsek Muara Tami di Koya Timur tepatnya dipinggir jalan utama menuju pintu perbatasan RI PNG dan Koya Timur,Sabtu (24/10).

“Jadi Kapolres menelpon saya untuk meminta bantuan untuk carikan tanah untuk pembangunan Polsek yang baru. Pasalnya kantor Polsek Muara Tami yang saat ini ada di Koya Barat sangat sempit, ditambah lagi lokasinya ditengah-tengah pemukiman warga. Sehingga saya putuskan bersama keluarga untuk  berikan tanah ini,”terang Rollo.

Rollo menambahkan, rencana pemindahan atau pembagunan Polsek Muara Tami ini tentu memberikan dampak yang baik bagi perkembangan di wilayah Koya Kedepannya, terutama dapat memberikan rasa aman bagi masyarakat yang tinggal di daerah tersebut. Selain itu juga bisa menekan atau mencegah peredaran ganja yang melintas di daerah tersebut.

“Saya harap kehadiran Polsek Muara Tami ini bisa membuat warga di sini merasa lebih nyaman dari berbagai hal, lebih khususnya lagi dapat mencegah peredaran ganja yang sangat marak di kota Jayapura yang sebagian besar pelintasannya dari wilayah perbatasan RI PNG,”ujarnya.

Rollo menyampaikan, memberikan rasa aman bagi masyarakat itu merupakan suatu hal yang sangat wajib untuk dipenuhi oleh Pemerintah melalui  TNI dan Polri.

“Kalau kantor Polsek Muara Tami sudah pindah di sini, saya yakin masyarakat pasti senang dan inilah salah satu alasan saya untuk menghibahkan tanah ini. Masyarakat yang tinggal di daerah ini nantinya bisa aman dan terlindungi dari hal-hal yang tidak diinginkan apalagi disini ada banyak penduduknya dan juga pusat pasar tradisional milik masyarakat,” tuturnya.

Lanjut Rollo, apalagi arah pembagunan di Kota Jayapura saat ini mengarah ke wilayah Koya, seperti Pembagunan Istana Presiden, Kantor Gubernur Provinsi Papua, Polda Papua dan beberapa pembangunan yang lainnya.

“Dengan adanya pembangunan beberapa perkantoran tersebut, tentu akan membantu percepat pembangunan dan perkembangan di wilayah Koya ini, dan hal ini sangat memberikan dampak bagi masyarakat yang tinggal disini. Selain itu dampak lainnya lagi pada perekonomian masyarakat masih ada perubahan dan sebagainya,”tutup Rollo.(ans)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed