Pagelaran Seni Satgas TNI Bersama RRI Pukau Warga Skouw Perbatasan RI-PNG

Marcel
Salah satu tarian yang dibawakan oleh anggota TNI dalam Pergelaran seni budaya yang diselenggarakan oleh LPP RRI Bersama Satgas Pamtas Yonif 131/Brs, bertempat di Skouw, Papua. Selasa (22/6/2021) (Sumber Foto : Pendam Cenderawasih)

TIFFANEWS.COM, – Pergelaran seni budaya yang diselenggarakan oleh LPP RRI SP SKOUW dengan mengusung tema “Spirit Culture Of Indonesia” (budaya semangat Indonesia) di aula Distrik Muara Tami, yang diikuti oleh Satgas Pamtas Yonif 131/Brs, bertempat di Skouw, Papua. Selasa (22/6/2021)

Demikian disampaikan oleh Dansatgas Yonif 131/Brs Letkol Inf Muhammad Erfani S.H., M.Tr.(Han), dalam rilisnya.

Dansatgas menyampaikan bahwa kegiatan gelar seni budaya bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air, serta turut melestarikan warisan luhur dan budaya Bangsa.

“Dalam kesempatan ini Satgas mengirimkan 8 orang personel yang dipimpin Pasiter Satgas Lettu Inf Ibrahim,” kata Dansatgas.

Pada acara gelar seni budaya, personel Satgas menampilkan Tari Piring yang merupakan salah satu tarian tradisional dari Provinsi Sumatera Barat.

Pergelaran seni budaya yang digelar di aula Distrik Muara Tami ini mendapat respon positif dari para pengunjung yang umumnya adalah masyarakat Skouw.

Dansatgas menjelaskan bahwa beberapa tarian tradisional yang ikut dalam pergelaran Seni Budaya Indonesia diantaranya Tari Nusantara yang dibawakan anak-anak sekolah di SMP Muara Tami, nyanyian dari Papua dan Tari Piring dari Minang.

“Pergelaran seni budaya tersebut dibuka langsung oleh Kepala Stasiun LPP RRI Jayapura Drs Budi Puspito SH dan dihadiri Kepala Bidang dan Kepala Bagian LPP RRI Jayapura, Kadistrik Muara Tami, Danramil Muara Tami, Danpos Muara Tami dan Pasiter Yonif 131/Brs,” jelas Dansatgas.

Di tempat pagelaran seni budaya, Perwira Seksi Teritorial Satgas Lettu Inf Ibrahim mengatakan, persembahan Tari Piring sengaja kami pilih untuk mengenalkan budaya Minang kepada saudara-saudara kami di Papua.

“Makna dari tari ini sebagai ungkapan syukur atas panen yang melimpah, sedangkan gerakan Tari Piring sendiri menggambarkan proses pertanian dan pengolahan lahan yang dilakukan oleh masyarakat,” jelas Perwira teritorial Satgas.

Pada kesempatan itu juga Kepala Stasiun LPP RRI Jayapura Drs Budi Puspito SH menyampaikan ucapan terima kasih dan merasa sangat senang atas keikutsertaan Prajurit TNI Satgas Pamtas Yonif 131/Brs dalam memeriahkan pergelaran seni budaya ini.

“Semoga kedepan kalau ada event atau kegiatan kesenian lainnya, personel TNI berkenan untuk ikut memeriahkannya. Sehingga akan menambah wawasan pemuda dan pelajar disini tentang warisan budaya Indonesia yang berasal dari berbagai daerah lain di Indonesia,” ujar Drs Budi Puspito. (Cel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kunjungi Pemkab Jayapura, KSP V Koordinasi Percepatan Persiapan PON XX 2021

TIFFANEWS.COM – Kedeputian V Kantor Staf Presiden (KSP) lakukan kunjungan ke Kabupaten Jayapura dan menemui Pemerintah Kabupaten Jayapura, untuk berkoordinasi dan percepatan koordinasi persiapan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Peparnas 2021 Papua. “Kami sampaikan kunjungan ini bertujuan untuk koordinasi agar ada percepatan dan juga persiapan maksimal dalam penyelenggaraan […]
Instagram did not return a 200.
Translate »