Pangan Lokal Dapat Jadi Bahan Makanan Berkelanjutan

Tukan Ben
Beberapa jenis produk turunan lestari dan ramah lingkungan yang diciptakan dari bahan pangan lokal yang ada di Kabupaten Gorontalo dan Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. (Foto : ANTARA/Hreeloita Dharma Shanti)

 

TIFFANEWS.COM,-  Co-Founder dari Omar Niode Foundation Amanda Katili Niode mengatakan pangan lokal yang dimiliki oleh Indonesia dapat dimanfaatkan menjadi bahan makanan yang berkelanjutan bagi masa depan bangsa.

“Banyak cara-cara yang bisa digali terutama bila kita kembali ke pangan lokal. Karena pangan lokal disamping lebih sehat, juga bisa menjadi basis pangan masa depan,” kata Amanda dalam dalam Jelajah Rasa dan Budaya Gorontalo-Bone Bolango, Selasa (9/11), sebagaimana dikutip dari Antara.

Amanda mengatakan bertambahnya jumlah penduduk setiap tahun, akan membuat lahan pertanian yang ada di Tanah Air semakin berkurang. Sehingga melalui pengembangan pangan lokal, dapat mempermudah penduduk mendapatkan bahan-bahan pangan yang organik dan sehat.

Selain dapat dikonsumsi sebagai makanan masa depan, pangan lokal juga dapat menjadi solusi untuk membantu mengatasi permasalahan iklim dengan mengurangi jejak karbon dalam makanan-makanan impor yang dikonsumsi oleh masyarakat.

Menurut Amanda, Indonesia adalah bangsa besar yang memiliki banyak ragam makanan dan tersebar di wilayah yang luas karena bermacam keanekaragaman hayati yang dimiliki.

Namun, masih banyak daerah seperti Kabupaten Gorontalo dan Bone Bolango di Provinsi Gorontalo, yang memiliki pangan lokal berupa makanan boga bahari segar yakni ikan, gula aren organik, kelapa, Jagung putih (milu) serta Kopi Pinogu organik belum banyak diketahui oleh masyarakat luas.

Oleh sebab itu, dia berharap pangan lokal dapat bisa lebih dikembangkan supaya dapat dikenali dan diolah menjadi produk yang lebih berkualitas sehingga dapat dikonsumsi menjadi makanan-makanan yang sehat di masa depan.

“Besar harapan kami untuk menggalinya dan dari bahan kemudian rasa. Maka yang terpenting adalah rasa. Percuma kalau makanannya ramah lingkungan, platting nya bagus tapi kalau tidak enak, tidak ada yang mau menikmatinya,” ujar Amanda. (ant/*bn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pemulihan Ekonomi Berawal dari Masyarakat Sehat

  TIFFANEWS.COM,-  Kepala Pusat Peningkatan Mutu SDM Kesehatan Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan Diono Susilo mengingatkan bahwa pemulihan ekonomi Indonesia terjadi berawal dari kondisi masyarakat yang sehat atau kasus COVID-19 yang rendah di masa pandemi. “Kalau dulu yang dicari ekonomi, sekarang ternyata kesehatan itu mutlak. Sehat itu juga akan berdampak […]
Translate »