Papua Persiapkan Keikutsertaan Pasific Exposition di Selandia Baru

Tukan Ben

TIFFANEWS.COM,-  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua terus mempersiapkan keikutsertaan dalam iven Pasific Exposition yang akan digelar di Wellington, ibu kota negara Selandia Baru pada 28-30 Oktober 2021.

Badan Perbatasan dan Kerja sama Luar Negeri (BPKLN) setempat ditunjuk langsung sebagai penanggung jawab.

Kepala (BPKLN) Provinsi Papua Suzana Wanggai di Jayapura, Kamis (24/6), mengatakan pihaknya tengah melakukan koordinasi dengan instansi teknis terkait.

“Kami masih membahas cara-cara dan tahapan-tahapan yang akan dilakukan untuk mempersiapkan kegiatan Pasific Exposition 2021 tersebut,” katanya.

Menurut Suzana, pihaknya sedang mengecek kembali materi apa saja yang akan dipamerkan, dan potensi apa saja yang dimiliki Papua untuk dipromosikan dalam ajang Pasific Exposition.

“Namun pada intinya, Papua siap berpartisipasi dalam ajang Pasific Exposition tersebut,” ujarnya.

Kepala BPKLN Provinsi Papua Suzana Wanggai (Foto : ANTARA/Hendrina Dian Kandipi)

Sebelumnya, Duta Besar RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya optimistis Provinsi Papua akan lebih banyak tampil dalam pelaksanaan Pasific Exposition 2021.

“Saya optimis Papua akan lebih tampil kali ini,” kata Tantowi dikutip dari Antara.

Menurut Tantowi, dalam pertemuan virtual, Wakil Gubernur Papua bahkan menawarkan beberapa produk unggulan untuk ditampilkan di ekspo seperti Buah Merah yang sangat bermanfaat selain kopi.

Dia menjelaskan dalam paparannya pada pertemuan virtual bersama Pemprov Papua, Pasifif Exposition yang dilaksanakan pada 2019 berhasil meningkatkan kepedulian masyarakat di kawasan Pasifik bahwa Indonesia adalah bagian di dalamnya dan telah menciptakan interaksi masyarakat Indonesia Timur dengan negara-negara Pasifik serta menghasilkan transaksi ekspor Indonesia sebesar 70,3 juta dolar AS.

“Pasific Exposition menjadi salah satu tool bagi Republik Indonesia sebagai Negara Anggota G-20, yang sangat dapat berperan di Pasifik serta bagian diplomasi politik berbasis ekonomi dan budaya yang menyatakan kokohnya identitas Kepasifikan Indonesia serta bagian dari rencana aksi komprehensif kerja sama Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Selandia Baru,” katanya lagi.

Pasific Exposition 2021 akan didukung penuh oleh Pemerintah Selandia Baru dan Pemerintah Australia serta dihadiri oleh tiga kepala negara, enam menteri luar negeri, 14 menteri teknis serta pimpinan dan anggota parlemen,  juga akan diikuti oleh BUMN dan perusahaan terkemuka dari Indonesia, Australia serta Selandia Baru.

Iven dua tahunan yang dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19 ini akan dilaksanakan dengan dua metode yaitu secara virtual dan offline (datang langsung di Wellington, Selandia Baru) di mana diikuti oleh 20 negara, serta meminta Pemerintah Provinsi Papua sebagai salah satu dari lima provinsi di Indonesia Timur untuk turut serta mewakili Pemerintah Republik Indonesia pada ajang bergengsi ini.

Pasific Exposition merupakan ajang pameran dua tahunan berskala regional bagi negara-negara di Kawasan Pasifik, yang digagas oleh Pemerintah Indonesia dan didukung penuh oleh Pemerintah Australia dan Pemerintah Selandia Baru, di mana kegiatan expo ini dilaksanakan sejak 2019, khusus bagi Indonesia ajang ini akan diwakili oleh lima  provinsi di kawasan Timur Indonesia, salah satunya adalah Pemerintah Provinsi Papua.  (ant/*bn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sub PB PON Kabupaten Jayapura Temui KONI Pusat, Ini Sejumlah Hal yang Dibahas

TIFFANEWS.COM – Sub Panitia Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Klaster Kabupaten Jayapura mendatangi langsung Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat untuk melaporkan tidak semua bidang yang ada di dalam PB PON XX Papua bisa menjabarkan secara baik kesiapan tentang penyelenggaraan PON di Klaster Kabupaten Jayapura dan juga adanya […]
Instagram did not return a 200.
Translate »