oleh

Pasca Kabur 14 Tahanan, 30 Anggota Polisi Polres Jayapura Kota Diperiksa

-BERITA-91 views

TIFFANEWS.COM-Pasca kaburnya 14 tahanan di rutan Mapolres Jayapura Kota, Selasa (17/11) dini hari sekitar pukul 02.20 WIT,kini 30 anggota polisi Polres Jayapura Kota diperiksa.

Kapolres Jayapura Kota, AKBP.Gustaf Urbinas mengatakan, ada 30 anggotanya yang kini dalam tahap pemeriksaan atas kaburnya 14 tahanan dari rutan Mapolresta Jayapura Kota tersebut.

“Jadi total ada 30 anggota yang saya periksa untuk diminta keterangan dan pertanggungjawaban atas tugas mereka masing-masing sesuai dengan tupoksinya,”ungkap Kapolres Gustaf.

Sementara itu dari 30 anggota yang diperiksanya itu diantaranya anggota jaga piket tahanan, piket penjagaan markas dengan SPK dan gabungan piket fungsi yang ada juga di Kantor Mapolres Jayapura Kota ini.

“Kita akan pilah-pilah kesalahan mereka sesuai fungsinya tugasnya masing-masing. Sekarang saya minta mereka untuk membantu tugas tim Opsnal dan Timsus dalam upaya pengejaran dan pencarian 14 tahanan ini di lapangan,” terang Kapolres.

Menurut Kapolres, ikutnya 30 anggotanya ini dalam pengejaran 14 tahahan tersebut sebagai bentuk pertanggungjawaban dalam tugasnya. Namun pihaknya tetap lakukan pemeriksaan dan proses secara internal.

“Total tahanan kita dengan yang kabur ini ada sekitar 90 orang. Sebenarnya setengah ini adalah tahanan titipan karena situasi pandemik Covid-19 sejak bulan Maret 2020 lalu. Ada yang sedang jalani sidang dan sedang menunggu putusan,” tuturnya.

Lanjut Kapolres, seharusnya tahanan yang sudah tahap P21 atau lengkap bukan lagi menjadi tahanan pihaknya, tetapi tahanan Jaksa dan Lapas, namun karena situasi pandemik sehingga ada beberapa yang dititipkan.

“Untuk tahanan murni kita hanya 45 orang saja, sebenarnya kita sudah over kapasitas 100 persen. Namun karena kita mendukung aturan dan Kementerian agar selama pendemi ini tahanan bisa dititipkan ke Kepolisian, sehingga inilah yang terjadi ada penumpukan tahanan disini,” pinta Kapolres.

Kapolres menambahkan dari 14 tahanan yang kabur ini ada warga PNG satu orang dengan kasus kepemilikkan narkotika ganja. Pihaknya berharap ke-14 tahanan ini bisa ditemukan oleh anggotanya di lapangan.

“Pada kesempatan ini saya juga menghimbau kepada pihak keluarga tahanan ini apabila mereka menemukannya untuk bisa menyampaikan atau menyerahkan kepada kami di kepolisian secara baik-baik kepada penyidik,”tutup Kapolres Gustaf.(ans).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed