oleh

Pelaksanaan Sholat Idul Adha di Kota Jayapura Berjalan Aman

-BERITA-116 views

TIFFANEWS.COM-Pelaksanan sholat Idul Adha yang dilakukan oleh umat muslim di Kota Jayapura, baik yang dijalankan di sejumlah masjid maupun di lapangan terbuka berlangsung aman dan tertib dengan tetap mengedapankan protokol kesehatan.

Ketua Umum Pengurus Masjid Raya Provinsi Papua, KH. Abdul Kahar Yelipele mengatakan, umat Islam di Tanah Papua telah melaksanakan sholat Idul Adha secara serentak.

“Ya walaupun di tengah pandemi Covid-19, pelaksanaan sholat Idul Adha ini tetap dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan surat edaran dari pemerintah dan juga tim gugus tugas Provinsi Papua dan tim kesehatan Provinsi Papua,” ungkap Abdul Kahar.

Kata Abdul, hampir seluruh pelaksanaan sholat Idul Adha di sejumlah masjid di Kota Jayapura berjalan aman dan tertib, bahkan pihaknya di Masjid Raya Provinsi Papua memberi contoh dalam menerapkan protokol kesehatan,  demikian juga pelaksanaanya ibadahnya berjalan dengan tertib, lancar dan aman.

“Mungkin ini untuk pertama kali kita merayakan hari besar Islam Idul Adha di tengah wabah Covid-19. Karena wabah ini pula ada diantara kita yang tidak bisa hadir untuk ikut beribadah,karena sedang diisolasi di tempat-tempat penampungan, rumah sakit, maupun di rumah masing-masing, karena wabah ini pula pelaksanaan ibadah haji tahun ini tidak sama dengan tahun-tahun sebelumnya sangat sepi,”tuturnya.

Sementara itu terkait dengan dengan proses penyembelihan hewan kurban, dimana pihaknya menghimbau kepada kaum muslimin dan muslimat yang ada di tanah Papua bahwa proses penyembelian hewan kurban, harus tertib dan juga pada pelaksanaanya agar mengikuti prosedur atau protokol kesehatan.

Sedangkan untuk penyembeliannya dan juga pendistribusiannya harus ada tim-tim yang dikhususkan, kemudian di area penyembelian hewan kurban itu hanya untuk panitia sehingga tidak membuat perkumpulan agar kita bisa terhindar dari Covid-19.

Pihkanya juga meminta kepada masyarakat bahwa di tengah pandemi Covid-19 ini, mari kita menjaga situasi kamtibmas di Tanah Papua dengan aman dan nyaman.

“Mari kita menjaga kebersamaan, membangun harmonisasi, membangun komunikasi antara satu dengan yang lain sehingga di tanah Papua ini tetap aman damai dan sejahtera. Sekali lagi saya mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1441 H/ 2020 M,”tandasnya.(ans).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed