Pelatihan Membatik Level Lanjutan di Kabupaten Jayapura Resmi Ditutup Asisten III

Tukan Ben
Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura Timothius J. Demetouw ketika diserahkan kain batik hasil karya para peserta oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Jayapura Parson Horota (Foto : Irfan/tiffanews)

TIFFANEWS.COM,- Di Sanggar Batik Telaga Ria, Kampung Asei Kecil, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, telah dilaksanakan pelatihan membatik Level 2 (lanjutan) karena di tahun 2019 lalu pernah dilaksanakan pelatihan membatik tingkat dasar. Pelatihan difasilitasi sepenuhnya dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Jayapura.

Pelaksanaan pelatihan dimulai tanggal 15 Juni 2021 sampai dengan 25 Juni 2021 yang ditutup oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura Timothius J. Demetouw didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Jayapura Parson Horota, dengan instruktur Ii Hurairoh dari Batik Akasia Jogjakarta. Jumlah pelatihan sebanyak 15 orang dari pembatik orang asli Papua (OAP) yang ada di Kabupaten Jayapura.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si, melalui Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura Timothius J. Demetouw kepada wartawan mengatakan, pihaknya melihat pelatihan membatik ini di Papua sebenarnya hal yang baru, akan tetapi kita di Papua memiliki potensi luar biasa. Yang mana, sesungguhnya bisa juga diletakkan di atas kain dan itu bisa dilakukan hanya dengan orang yang mengikuti pelatihan membatik.

“Hal ini sudah dilakukan oleh Dinas Koperasi dan UKM, yang mana telah melibatkan ibu-ibu kita sebanyak 15 orang di wilayah pembangunan I, III dan IV, untuk hadir di tempat ini mengikuti pelatihan membatik kurang lebih selama 10 hari,” kata Timothius J. Demetouw usai menutup kegiatan pelatihan membatik tersebut, Jumat (25/6/2021) sore.

Melalui pelatihan membatik lanjutan yang digelar selama 10 hari ini, apa yang telah mereka peroleh dari instruktur batik ini, kami harapkan pengetahuan dan juga keterampilan membatik itu tidak hanya di mereka saja. Tapi, kalau bisa mereka menjadi pionir penggerak untuk bagaimana di seluruh kampung/kelurahan dan distrik di Kabupaten Jayapura ini, ibu-ibu yang lainnya bisa memiliki keterampilan membatik dan bisa mengangkat potensi-potensi yang ada di Bumi Khenambay Umbay ini.

“Karena kita memiliki sumberdaya alam yang begitu banyak seperti hutan, laut, danau dan gunung yang begitu indah. Di hutan ada sekian banyak margasatwa, berbagai jenis flora dan fauna, kemudian di laut ada berbagai jenis ikan. Ini semua bisa dijadikan sebagai motif-motif untuk dibuat di atas kain-kain yang dihasilkan sebagai keterampilan membatik,” tukasnya.

Pelatihan membatik ini juga dihadiri Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Jayapura Lenora Bemei, para kepala bidang di Dinas Koperasi dan UKM serta sejumlah perwakilan OPD di lingkungan Pemkab Jayapura. (Irf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Timothius J. Demetouw : Kami Bertemu KONI Pusat Laporkan Kesiapan Klaster Kabupaten Jayapura  

    TIFFANEWS.COM – Sekretaris Umum Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura Timothius J. Demetouw, menceritakan, kehadiran mereka di kantor Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Pusat, bertujuan melaporkan progress kesiaoan kabupaten Jayapura sebagai salah satu tuan rumah pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX tahun 2021 di Provinsi Papua, yang […]
Instagram did not return a 200.
Translate »