Pembentukan DOB Provinsi Papua Selatan Diusulkan Dipercepat

Tukan Ben
Sekda Provinsi Papua Dance Yulian Flassy (Foto : ANTARA News Papua/Hendrina Dian Kandipi)

TIFFANEWS.COM,- Sekretaris Daerah Provinsi Papua Dance Yulian Flassy mengemukakan pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) provinsi Papua Selatan diusulkan segera dipercepat untuk meningkatkan kesejahteraan dan pelayanan pemerintahan yang lebih baik kepada masyarakat di wilayah paling Timur Indonesia.

“Kebijakan pembentukan provinsi baru di wilayah selatan Bumi Cenderawasih akan membuat rentang kendali pemerintahan semakin pendek. Dengan demikian, pelayanan kepada masyarakat dapat lebih baik, maksimal serta semakin dirasakan masyarakat,” ucap Sekda Papua Dance Yulian Flassy melalui laman daerah, dikutip Minggu (20/6).

Sekda Dance menyebut pemerintah provinsi Papua mengusulkan pembentukan Provinsi Papua Selatan ini dipercepat.

“Pemerintah provinsi Papua, DPR Papua dan MRP bersama-sama mendorong percepatan pembentukan provinsi Papua Selatan,” ujar Sekda Dance Flassy.

Dance Flassy mengakui secara kelembagaan memastikan pihaknya ikut mendorong pembentukan DOB Provinsi Papua Selatan.

Karena pemekaran ini dipandang penting dan solusi bagi percepatan pembangunan di atas tanah Papua.

“Tujuannya hanya satu, yakni untuk supaya pembangunan semakin terasa dan dampaknya pun semakin dirasakan oleh masyarakat,” ujarnya.

Sebelumnnya, Mendagri Tito Karnavian menegaskan saat ini terdapat 317 daerah yang mengajukan pemekaran DOB kepada pemerintah. Namun, tak satupun disetujui pemerintah.

Hal ini menyusul situasi keuangan negara yang tidak memungkinkan untuk melakukan pemekaran sebuah wilayah akibat pandemik COVID-19.

Kendati demikian, empat Bupati di Kabupaten yang terletak di Papua bagian selatan telah resmi mendeklarasikan pembentukan Provinsi Papua Selatan pada Selasa (15/6/2021).

Keempat Bupati itu  yakni Bupati Merauke, Bupati Asmat, Bupati Boven Digoel dan Bupati Mappi. (ant/*bn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tingkatkan Kualitas, Dandim 1708/Bn Dan Wakapolres Tinjau Sasaran TMMD Ke-111

TIFFANEWS.COM, – TNI Manunggal Membangun Desa yang dahulu dikenal dengan penyebutan AMD atau ABRI Masuk Desa. Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan salah satu wujud operasi bhakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintahan Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya. […]
Instagram did not return a 200.
Translate »