Pemkab Jayawijaya Harapkan Stiper Petra Baliem Siapkan Petani Moderen

Tukan Ben
Aparat Pemkab Jayawijaya pada kegiatan motivasi petani. (Foto : ANTARA/Marius Frisson Yewun)

TIFFANEWS.COM,- Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua mengharapkan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (Stiper) Petra Baliem, Wamena menghasilkan petani moderen.

Wakil Bupati Jayawijaya Marthin Yogobi di Wamena, Senin (13/9), mengatakan berkebun merupakan budaya masyarakat Jayawijaya dan harus terus dipertahankan, namun dengan cara yang moderen agar memberikan hasil yang lebih bagus.

“Ilmu yang anak-ana dapatkan di sini harus bisa bawa ke kampung untuk melatih, mengajak masyarakat. Selama ini masyarakat bertani secara trasdisional mungkin bisa bertransformasi lebih canggih untuk mendapatkan hasil pertanian yang lebih bagus,” katanya.

Marthin mengatakan pemerintah tetap memperhatikan mahasiswa yang kuliah di sana dalam bentuk dukungan dana. Harapannya mahasiswa termotifasi untuk lebih giat belajar.

“Selama ini pemerintah selalu memberikan kepada mahasiswa yang studi akhir, artinya pemerintah juga melihat mahasiswa yang berkuliah di sini,” katanya.

Ia mengatakan aktivitas berkebun di Jayawijaya sudah menjadi budaya sehingga harus dipertahankan.

Sekretaris Stiper Petra Baliem Benny Rumbiak mengatakan ada dua jurusan yang dibuka yaitu Agro Teknologi dan Agro bisnis dan semuanya berkaitan dengan pertanian.

“Ada 11 angkatan dari Petra Baliem yang diluluskan dan mahasiswa kami lebih banyak diserap sebagai tenaga penyuluh dan tersebar di beberapa kabupaten pemekaran,” katanya. (ant/*bn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

MPR : Tumpas Pemasok Senjata Kelompok Bersenjata di Papua

TIFFANEWS.COM,- Wakil Ketua MPR, Jazilul Fawaid, meminta TNI dan Polri menumpas jaringan penyuplai senjata bagi kelompok bersenjata di Papua agar konflik berkepanjangan dapat segera diakhiri. “Menurut saya akar (persoalan) yang harus kita cari, salah satunya adalah jejaring mereka harus diputus, termasuk jaringan untuk mendapatkan senjata,” kata Jazilul dalam keterangannya di […]
Instagram did not return a 200.
Translate »