Pemkab Puncak Jaya Terus Tingkatkan Pangan Lokal

Tukan Ben
Dua orang warga di Kabupaten Puncak Jaya yang membawa hasil kebunnya untuk dijual di Pasar Nagalomuni, Mulia (Foto : ANTARA/Hendrina Dian Kandipi)

TIFFANEWS.COM,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Puncak Jaya terus berupaya meningkatkan produksi pangan lokal melalui pemberdayaan masyarakat di wilayahnya.

Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda kepada Antara di Mulia, Jumat (11/6), mengatakan hal ini dilakukan agar masyarakat tidak kesulitan memenuhi kebutuhan pangan khususnya di masa pandemi COVID-19.

“Jadi kami membuat program untuk memberikan alat-alat berkebun kepada masyarakat guna mengolah lahan yang ada,” katanya.

Menurut Yuni, hasil dari program tersebut, masyarakat dapat memproduksi pangan lokal seperti keladi, umbi-umbian, sayuran dan buah-buahan untuk dikonsumsi sendiri.

“Hasil dari kebun yang dikelola sendiri oleh masyarakat ini kemudian ada yang dijual dan uangnya digunakan untuk memenuhi kebutuhannya,” ujarnya.

Dia menjelaskan pemberdayaan masyarakat dengan mendorong kegiatan berkebun ini juga dapat menurunkan tingkat ketergantungan terhadap konsumsi beras.

“Mengkonsumsi hasil-hasil ladang dan kebun juga membuat masyarakat lebih sehat karena bahan pokok makanannya diambil langsung dari alam, tidak banyak bahan pengawet serta lain sebagainya,” katanya lagi.

Dia menambahkan sehingga di masa pandemi COVID-19, masyarakat tidak kesulitan memenuhi kebutuhan pangan hingga pendapatan masing-masing keluarga. (ant/*bn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bupati Puncak Jaya : Keamanan yang Kondusif Merupakan Prioritas

TIFFANEWS.COM,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Puncak Jaya mengharapkan seluruh komponen yakni masyarakat bersinergi dengan pemerintah, TNI, Polri, dan elemen lainnya guna menjaga wilayah setempat tetap kondusif. Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda dikutip dari ANTARA, Jumat (11/6) mengatakan, keamanan yang kondusif merupakan prioritas pertama bagi pihaknya agar dapat melaksanakan visi dan misi […]
Instagram did not return a 200.
Translate ยป