Pemprov Papua Apresiasi Upaya Telkom Pulihkan Jaringan Internet

Tukan Ben

TIFFANEWS.COM, –  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mengapresiasi upaya PT Telkom memulihkan jaringan internet di Jayapura dan sekitarnya akibat putusnya kabel optik bawah laut di perairan Sarmi-Biak.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Dance Yulian Flassy di Jayapura, Rabu (9/6), mengatakan pihaknya berharap kejadian putusnya kabel optik ini tidak terulang kembali.

“Bahkan sudah ada surat dari Kemenpora untuk memperhatikan kondisi jaringan internet di Papua ke depan,” katanya.

Menurut Dance, hal ini mengingat akan digelarnya Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada Oktober 2021 di wilayah Bumi Cenderawasih.

“Saya juga mengapresiasi media massa di Jayapura yang sudah membantu menginformasikan kondisi jaringan internet selama putusnya kabel optik,” ujarnya.

Dia menjelaskan meskipun media juga kesulitan untuk mengirim informasi berupa berita ke kantornya masing-masing namun tetap berupaya menyajikan informasi yang terbaik bagi masyarakat.

Foto Dokumentasi : Sekda Provinsi Papua Dance Yulian Flassy (kanan) didampingi Kadiskominfo Provinsi Papua Jeri Yudianto (kiri) (Foto : ANTARA News Papua/Hendrina Dian Kandipi)

Sebelumnya, pada Jumat (30/4) pukul 19.40 WIB, telah terjadi gangguan telekomunikasi akibat putusnya kabel laut ruas Biak-Jayapura, tepatnya pada posisi 280 kilometer dari kota Biak dengan kedalaman 4.050 meter di bawah permukaan laut (Mdpl).

Vice President Corporate Communication Telkom Pujo Pramono mengatakan gangguan infrastruktur telekomunikasi di Papua murni karena putusnya sistem komunikasi kabel laut, yang diduga diakibatkan oleh faktor alam, yakni longsor bawah laut.

Putusnya kabel laut tersebut berdampak pada sepertiga total trafik normal sistem komunikasi seluruh Papua, yaitu sekitar 154 dari total 464 Gbps. Adapun area yang terdampak gangguan di Papua berada pada 4 titik, yaitu Kota Jayapura, Abepura, Sentani, juga Sarmi.

Di mana pada Selasa (8/6) setelah pihak Telkom melakukan penyambungan kabel optik yang putus, kondisi jaringan internet di Jayapura dan sekitarnya berangsur pulih kembali. (ant/*bn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

PB PON Papua Dorong Pemprov Bentuk Tim Percepatan

TIFFANEWS.COM, – Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) Papua mendorong pemerintah provinsi setempat untuk membentuk tim percepatan PON XX guna meningkatkan kesiapan dalam pelaksanaan ajang olahraga nasional tersebut. Ketua Bidang I PB PON Papua Yusuf Yambe Yabdi di Jayapura, Rabu (9/6), mengatakan tim percepatan yang di dalamnya juga mengikutsertakan […]
Instagram did not return a 200.
Translate »