Pemprov Papua Cairkan Bonus Atlet PON XX Papua, Total Rp.457 Miliar

Marcel
Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya (istimewa).

TIFFANEWS.COM – Pemerintah Provinsi Papua bakal menyerahkan bonus kepada atlet Papua yang berhasil meraih medali emas, perak, dan perunggu pada gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX lalu.

Rencananya, Gubernur Papua, Lukas Enembe, yang akan memberikan langsung secara simbolis pemberian bonus tersebut kepada perwakilan atlet, pelatih, asisten pelatih, dan ofisial di Istora Papua Bangkit, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Sabtu (20/11/2021).

“Hari Sabtu, tepatnya di Istora Papua Bangkit dan ini merupakan sebuah keputusan Gubernur yang kemudian atlet-atlet itu akan memperoleh bonus yang jumlahnya cukup besar dan tertinggi untuk semua provinsi di Indonesia yang ikut PON,” kata Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya, Jum’at (19/11/2021).

Untuk diketahui sebelumnya, Pemerintah Provinsi Papua menjanjikan bonus besar kepada atlet yang berhasil menyabet medali pada pesta olahraga terbesar di Indonesia tersebut dengan rincian bonus Rp1 miliar kepada atlet peraih medali emas perorangan dan Rp650 juta kepada peraih medali emas beregu.

Sementara peraih medali perak perorangan akan mendapat Rp500 juta dan Rp325 juta untuk beregu. Lalu, peraih medali perunggu perorangan mendapat bonus Rp250 juta dan Rp125 juta untuk medali perunggu nomor beregu.

Tak ketinggalan, Pemerintah Provinsi Papua juga akan memberikan bonus sejumlah Rp10 juta kepada atlet yang gagal mendapat medali pada PON XX Papua 2021. Sebab, Pemprov Papua menilai, seluruh atlet tersebut telah berjuang atas nama Tanah Papua.

Secara keseluruhan, Kenius Kogoya menyebut, bonus atlet yang akan diberikan tersebut sebesar Rp457 miliar. Dana itu diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Papua.

“Setelah kami hitung semua anggaran yang ditujukan untuk bonus itu kurang lebih 457,624 miliar dan itu jumlahnya sangat signifikan,” tuturnya.

Pada multievent olahraga nasional empat tahunan tersebut, kontingen tuan rumah Papua berhasil menduduki peringkat 4 besar klasemen akhir PON XX dengan total raihan 93 medali emas, 66 medali perak, dan 102 medali perunggu.

Hasil ini merupakan pencapaian terbaik Papua selama mengikuti PON sejak edisi ke-VII tahun 1969 di Surabaya, Jawa Timur. Sebelumnya, prestasi terbaik Papua tercipta di PON XI DKI Jakarta 1985 dengan bertengger di peringkat 5 klasemen akhir.

“Ini sebuah prestasi yang menurut kami sangat membanggakan dan belum pernah terjadi selama Papua mengikuti PON dari VII sampai PON XX,” tandasnya. (Ray/Cel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Walaupun Masih Butuh Fasilitas Pendukung, Pemdis Nimboran Siap Jalankan Program DMMD

  TIFFANEWS.COM,- Komisi A DPRD Kabupaten Jayapura melakukan kunjungan kerja ke Distrik Nimboran, guna melihat pelaksanaan program Distrik Membangun, Membangun Distrik atau DMMD yang dilaksanakan oleh Pemerintah Distrik Nimboran. Dalam kunker tersebut, Kepala Distrik (Kadistrik) Nimboran, Marsuki Ambo menerima kedatangan para anggota Komisi A DPRD Kabupaten Jayapura, di Kantor Distrik […]
Translate ยป