Pemprov Papua Luncurkan Cetak Biru Pengembangan Sekitar Pertambangan

Tukan Ben
Peluncuran blue print pengembangan wilayah sekitar pertambangan di lingkungan Pemprov Papua (Foto : ANTARA News Papua/Hendrina Dian Kandipi)

TIFFANEWS.COM,- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua meluncurkan cetak biru (blue print) atau kerangka kerja terperinci Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di sekitar wilayah pertambangan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Dance Yulian Flassy di Jayapura, Rabu (23/6), mengatakan, pedoman Induk Dokumen Cetak Biru (Blue Print) PPM sektor pertambangan Papua merupakan panduan pembuatan rencana induk PPM oleh masing-masing perusahaan yang beroperasi di wilayah ini, khususnya masyarakat lingkar tambang.

“PPM pada kegiatan usaha Pertambangan Mineral dan Batubara merupakan upaya dalam rangka mendorong peningkatan perekonomian, pendidikan, sosial budaya, kesehatan dan lingkungan kehidupan masyarakat, baik secara individual maupun kolektif,” katanya.

Menurut Dance, Cetak Biru PPM ini adalah dokumen berisi perencanaan strategis pembangunan terpadu yang memuat arah kebijakan pengembangan dan pemberdayaan khususnya yang terkena dampak langsung sekitar area kegiatan usaha pertambangan di Papua.

“Jadi PPM ini sejalan dengan program RPJPD, RPJMD dan lainnya yang melibatkan bupati atau wali kota yang wilayahnya terdapat kegiatan pertambangan serta seluruh pemangku kepentingan di Papua,” ujarnya.

Senada dengan Dance Yulian Flassy, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Manusia Frets J. Boray mengatakan dokumen cetak biru tersebut bertujuan untuk menyamakan persepsi antara program pembangunan investor pertambangan dengan pemerintah daerah.

“Jangan sampai program pemerintah dan investor ini bertabrakan di lapangan, jadi kalau bisa dibagi tanggungjawabnya, misalkan perusahaan bertanggungjawab di wilayah kerjanya, sehingga pemerintah tidak usah masuk lagi,” katanya.

Dia menambahkan tujuannya agar tingkat kehidupan masyarakat sekitar tambang menjadi lebih baik dan mandiri, di mana hal ini sejalan dengan visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur Papua serta tekad membangun Bumi Cenderawasih menuju suatu peradaban baru yang mandiri serta sejahtera. (ant/*bn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Jayawijaya Ubah Batas Wilayah dengan Kabupaten Lanny Jaya

TIFFANEWS.COM,- Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, sedang mengubah batas wilayah antar kabupaten ini dengan Kabupaten Lanny Jaya sebab gapura perbatasan yang dijadikan pembatas, lebih masuk ke arah Jayawijaya. Wakil Bupati Jayawijaya Marthin Yogobi di Wesaput, Rabu (23/6), mengatakan Pemerintah Jayawijaya sudah berkoodinasi dengan Pemerintah Lanny Jaya. “Tugu perbatasan yang ada […]
Instagram did not return a 200.
Translate »