Pemprov Papua Perkuat Peran Bakohumas Guna Jaga Kerukunan

Tukan Ben
Suasana pelaksanaan sosialisasi bakohumas di lingkungan Pemprov Papua (Foto : ANTARA News Papua/Hendrina Dian Kandipi)

TIFFANEWS.COM,– Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua terus memperkuat peran Bakohumas (Badan Koordanisasi Kehumasan) di era digital guna menjaga kerukunan dalam semangat kebangsaan.

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Papua Muhammad Musaad di Jayapura, Rabu (23/6), mengatakan untuk itu pihaknya menggelar sosialisasi peran Bakohumas dalam era digital untuk lebih memperkuat fungsi sebagai corong pemerintah.

“Yang juga sebagai ASN baiknya harus berpartisipasi di dalam menjaga kerukunan dalam semangat kebangsaan, termasuk menangkal ujaran kebencian yang bersifat SARA,” katanya.

Menurut Musaad, peran Bakohumas harus terus diperkuat untuk meningkatkan terutama dalam penyebarluasan kebijakan program pemerintah, sehingga hal tersebut bisa semakin tersosialisasi dan dipahami masyarakat.

“Selain itu, tugas Bakohumas juga melakukan sosialisasi kebijakan-kebijakan, kinerja pemerintah serta melakukan counter dalam manajemen isu terhadap kebijakan yang ditetapkan pemerintah,” ujarnya.

Dia menjelaskan bagi ASN yang menangani Bakohumas diharapkan mampu menjadi sumber informasi di lingkungannya, di mana terkait penyebaran berita hoaks yang akhir-akhir ini marak, petugas bakohumas dituntut bisa memberikan penjelasan dan pencerahan sehingga tidak terjadi keresahan di masyarakat.

“Selanjutnya petugas Bakohumas diimbau untuk memahami UU ITE, mengingat media daring kini lebih banyak diakses oleh masyarakat dalam memperoleh informasi,” katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya berharap dengan rapat koordinasi yang dilaksanakan dapat berkelanjutan dan rutin dilaksanakan tiga bulan sekali dalam setahun sehingga bisa menjadikan tim humas menjadi lebih reaktif, aktif serta dalam menjalankan tugasnya bisa berkoordinasi baik dengan tim lainnya.

“Diharapkan juga terus meningkatkan peranannya dalam pengelolaan informasi serta mampu mendorong partisipasi masyarakat dalam mensukseskan berbagai program pemerintah untuk dinikmati oleh publik,” ujarnya lagi. (ant/*bn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Penanganan Stunting di Papua Terkendala Keterbatasan Kader dan Sinyal

TIFFANEWS.COM,- Upaya penanganan stunting–gangguan tumbuh kembang anak akibat masalah gizi kronis yang ditandai dengan ukuran tubuh pendek– di wilayah pelosok Provinsi Papua antara lain terkendala keterbatasan jumlah kader posyandu dan sinyal telepon seluler, kata Direktur Komunikasi, Informasi, dan Edukasi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Eka Sulistiya Ediningsih. “Sinyal […]
Instagram did not return a 200.
Translate ยป