Penyelenggaraan PON XX, Wujud Kepercayaan Negara bagi Papua

Tukan Ben

TIFFANEWS.COM,- Penyelenggaraan pesta olahraga tingkat nasional PON XX Tahun 2021 yang menurut rencana digelar pada 2 – 15 Oktober 2021 mendatang merupakan wujud kepercayaan Negara Republik Indonesia bagi Papua.

Hal itu disampaikan Ketua Harian PB PON XX Papua  Yunus Wonda mewakili Ketua Umum PB PON XX Papua Lukas Enembe  ketika memberikan sambutan pada acara serah terima tugas, fungsi, tanggungjawab dan anggaran penyelenggaraan  dari PB PON XX Papua kepada Sub PB PON XX Kota Jayapura di Jayapura, Jumat (11/6).

Ketua Harian PB PON XX Papua Yunus Wonda dalam kegiatan Rakornis I Bidang I PB PON XX Papua Kota Jayapura (Foto : tiffanews.com)

“Saya yakin, penyelenggaraan PON XX di Klaster Kota Jayapura akan sukses. Hal yang penting pada hari ini adalah pelimpahan tugas dan tanggungjawab serta anggaran penyelenggaraan PON XX dari PB PON Papua kepada Sub PB PON Kota Jayapura dianggap tuntas. Apa yang dipercayakan Negara kepada kita sebagai anak-anak Bangsa Indonesia harus sukses,” kata Yunus Wonda.

Tanggungjawab Negara yang diletakkan di atas pundak kita merupakan taruhan  harga diri Papua. Oleh karena itu harus kita pertaruhkan.

Yunus Wonda mengatakan, Klaster Kota Jayapura merupakan tolok ukur keberhasilan PON XX Tahun 2021 di Papua sedangkan klaster lainnya seperti Kabupaten Jayapura, Merauke dan Kabupaten Mimika diharapkan menyesuaikan.

Sementara itu, Ketua Umum Sub PB PON XX Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano mengatakan, pihaknya terus bertekad untuk menyukseskan kagiatan vaksinasi  terkait Covid-19 kepada warga masyarakat Kota Jayapura dengan biaya yang diambil dari   APBD  Kota Jayapura.

Sedangkan mengenai pergeseran anggaran PON dari PB PON XX Papua kepada Sub PB PON XX Kota Jayapura, Tomi Mano mengatakan, pihaknya tetap menerima pergeseran anggaran itu dan bertanggungjawab atas anggaran yang diberikan dengan tetap mematuhi prinsipi-prinsip pengelolaan keuangan dengan melibatkan jajaran penegak hukum Polresta Jayapura, Kejaksaan Negeri, dan melibatkan juga Bagian Keuangan Pemerintah  Kota Jayapura dalam rangka pengawasan.

Peserta Rakornis I Bidang I PB PON XX Papua Kota Jayapura (Foto : tiffanews.com)

Sekretaris daerah (Sekda) Provinsi Papua, Dance Yulian Flassy atas nama Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe yang masih  sedang dalam proses pemulihan kesehatan mengatakan, Pemprov papua mengapraesiasi langkah pergeseran anggaran penyelenggaraan PON XX Tahun 2021 dari PB PON XX Papua ke Sub PB PON Kota Jayapura.

“Pemerintah Provinsi Papua dan Kementerian Dalam Negeri terus melakukan pendampingan dalam pemanfaatan anggaran penyelenggaraan PON XX Tahun 2021 di Provinsi Papua. Bagaimana pun juga penyelenggaraan PON XX merupakan tanggungjawab kita semua,” kata Dance Yulian Flassy.(Ade/Bn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ini Kata Gubernur Lukas Enembe Soal Kekosongan Wagub

TIFFANEWS.COM – Kekosongan jabatan wakil Gubernur Papua, usai meninggalnya almarhum Klemen Tinal pada 22mei 2021 lalu, belakangan mulai ramai diperbincangkan soal siapa yang bakal mengisi jabatan orang nomor dua di Bumi Cenderawasih itu. Tak ingin polemik ini berkepanjangan, Gubernur Lukas Enembe akhirnya angkat bicara kepadaPers, Senin (14/06/2021) malam. Melalui juru bicaranya, Muhamad […]
Instagram did not return a 200.
Translate »