Perjalanan Persiapan PON XX Sudah Sangat Panjang

Marcel
Ketua Umum KONI, Marciano Norman beraudiensi dengan Ketua Umum Sub PB PON Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano didampingi Ketua Bidang I PB PON Papua, Yusuf Yambe Yabdi dan Ketua Bidang I Sub PB PON Kota Jayapura, Rocky Bebena di Jakarta (14/6). (Foto : Tiffanews.com)

Tiffanews.com – Perjalanan persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 sudah sangat panjang sementara  proses pembangunan dan penataan venue-venue PON terus berlangsung tanpa henti demi suksesnya pesta olahraga tingkat nasional empat tahunan itu.

Hal itu disampaikan Ketua Umum KONI, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman  di Jakarta, Senin (14/6) pekan lalu ketika berkesempatan menerima kunjungan Ketua Umum Sub PB PON XX Kota Jayapura, Dr.Drs Benhur Tomi Mano,MM didampingi Ketua Bidang I PB PON Papua, Dr Yusuf Yambe Yabdi,ST.MT dan Ketua Bidang I Sub PB PON Kota Jayapura, Rocky Bebena.

“Tidak hanya persiapan venue PON di empat klaster yakni Kota  Jayapura, Kabupaten Mimika, Kabupaten Merauke dan Kabupaten Jayapura, tetapi juga para atlet di berbagai provinsi sudah pula disiapkan untuk ambil bagian pada pertandingan PON XX di Papua Oktober mendatang,” kata Marciano Norman.

Marciano yang mantan Kepala BIN pada era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu mengatakan, PON XX Tahun 2021 di Papua berbeda dengan PON sebelumnya karena PON XX ini sudah diundur dari jadwal sebelumnya yakni dari tahun 2020  ke 2021 akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Tanah Air Indonesia.

Selain itu,  pada tahun 2021 ini pun, situasi pandemi Covid-19 belum membaik yang tentu saja membutuhkan kewaspadaan kita semua.

“Menyadari akan hal itulah maka semua pihak harus bekerjasama dan terus membangun komuniaksi satu sama lain agar status Covid-19 pada Oktober nanti sudah dalam keadaan aman bagi semua orang,” katanya.

Begitu juga wilayah dimana para atlet berasal pun harus dalam keadaan aman dari Covid-19 sehingga para atlet yang datang ke Papua tidak mengganggu jalannya pesta olahraga tingkat nasional itu.

Untuk itu, lanjut Marciano, kita harus melakukan kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi seluruh lapisan masyarakat terutama warga masyarakat yang bermukim di sekitar arena PON XX Tahun 2021 ini.

“Masyarakat di sekitar venue harus divaksin agar kondisi Covid-19 dapat dikendalikan dengan baik,” katanya.

Sedangkan terkait kondisi keamanan di Papua yang adalah tuan rumah PON XX, Marciano mengatakan, situasi dan konsisi keamanan di Papua sangatlah dinamis. Semua pihak sangat berharap situasi keamanan di Papua semakin hari semakin kondusif sehingga para atlet tidak khawatir untuk datang bertanding di berbagai arena PON XX  yang tersebar di empat klaster PON itu.

“Memang benar bahwa keberhasilan PON XX merupakan harga diri Papua tetapi juga jangan lupa keberhasilan PON XX itu pun merupakan harga diri Bangsa Indonesia. Apa kata orang jika Indonesia tidak mampu mengendalikan situasi Covid-19 menjelang PON XX ini?” tanya Marciano.

Marciano mengajak semua pihak yang berkepentingan dengan PON XX tahun 2021 di Papua agar bergandengan tangan, membangun komunikasi yang intens  karena kita semua mempunyai komitmen yang sama untuk menyukseskan PON XX itu.

Kita tidak dapat berjalan sendiri-sendiri tetapi bergandengan tangan untuk menghadapi tantangan di depan mata kita sendiri. Kita semua menjadi bagian penting dalam mencari solusi mengatasi berbagai kesulitan yang ada.

Sementara itu, Ketua Umum Sub PB PON Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano memastikan semua komponen masyarakat Kota jayapura telah berkomitmen untuk menyukseskan PON XX di Kota Jayapura.

“Kami seluruh rakyat Kota Jayapura bertekad menyukseskan PON XX di Kota Jayapura. Kami berketetapan hati  untuk menjadi tuan rumah PON yang baik bagi semua orang demi Papua dalam bingkai  Indonesia Raya,” tegas Benhur Tomi Mano.

Patut diketahui bahwa Klaster Kota Jayapura memiliki 18 venue yang mempertandingkan cabang olahraga selam, angkat berat, baseball/softball, sepak takraw, bulu tangkis, volley, volley pasir, dayung, renang perairan terbuka, layar, bola kaki, karate dan taekwondo, sepatu roda, tenis, pencak silat dan rugby 7s. (Ade/Cel)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

PON XX Papua Kesempatan dan Tantangan “Torang Bisa!

Oleh: Peter Tukan* PEKAN Olahraga Nasional (PON) yang merupakan sebuah perhelatan akbar olahraga  tingkat nasional empat tahunan insyah Allah akan digelar pada 2 – 15 Oktober 2021 mendatang dimana Papua telah didaulat menjadi “tuan rumah”  PON XX itu. PON XX Tahun 2021 tampil gegap gempita dengan pekikan meriah sorak-sorai bergemuruh […]
Instagram did not return a 200.
Translate »