PON XX Papua Bakal Lahirkan Atlet Internasional

Tiffa News

Oleh: Muhammad Iqra Lajanahu*

PEKAN  Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 sebagai ajang olahraga tingkat nasional empat tahunan yang menurut rencana digelar pada 2 – 15 Oktober mendatang,  dimana Papua ditetapkan sebagai “tuan rumah” penyelenggaraan perhelatan akbar dibidang olahraga itu,  bakal melahirkan atlet-atlet tangguh asal Papua pada khususnya dan Indonesia pada umumnya yang mampu berlaga di forum olahraga internasional. Sebagai tuan rumah yang baik, tentu saja Papua telah menyiapkan berbagai venue (arena) pertandingan berbagai cabang olahraga bertaraf internasional pula.

Torang Bisa! menjadi semboyan yang di gemuruhkan oleh masyarakat Papua, bahwa Papua Bisa! Papua mampu menjadi tuan rumah yang baik bagi penyelenggara PON XX nanti.

Untuk diketahui, terdapat empat klaster sebagai tuan rumah penyelenggara PON XX Papua yaitu klaster Kota Jayapura yang memiliki 18 venue, Klaster Kabupaten Kota Jayapura memiliki 15 venue, Klaster Kabupaten Mimika memiliki 9 venue, dan Klaster Kabupaten Merauke memiliki 5 venue.

Di empat klaster inilah, pemerintah telah membangun venue-venue bertaraf internasional dan dari sinilah akan lahir atlet-atlet kita yang mengharumkan nama Indonesia Raya.

Dalam rangka PON XX Papua Tahun 2021 itu,  Wakil Menteri  (Wamen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), John Wempi Wetipo, berharap pengerjaan venue PON XX yang belum selesai dikerjakan kiranya segera  dituntaskan paling lambat Juli 2021 antara lain arena (venue) dayung, panahan, dan sepatu roda.

Venue cabor sepatu roda yang telah dibangun berstandar internasional akan menjadi ajang berlaga para atlet cabor sepatu roda. Venue ini dibangun di kawasan Bumi Perkemahan (Buper) Waena, Kota Jayapura.

“Venue ini berstandar internasional dan nantinya akan menjadi arena  untuk melahirkan para atlet yang handal di cabang olahraga sepatu roda khususnya anak-anak asli Papua” ujar Technical Delegate (TD) Sepatu Roda, Jeffry Abel. (13/02).

Pembangunan venue bertaraf internasional di Bumi Cenderawasih ini membuktikan bahwa tekad seluruh rakyat Papua “Torang Bisa! Dapat terbukti hari ini.

Technical Delegate (TD) Sepatu Roda, Jeffry Abel, telah melakukan pengecekan arena PON tersebut dan ternyata layak digunakan pada pesta olahraga PON XX mendatang.

Lahirkan Atlet Internasional

Semua pihak meyakini bahwa PON XX merupakan momentum yang sangat tepat untuk melahirkan atlet berkelas internasional karena Pekan Olahraga Nasional yang diselenggarakan di Papua ini secara tidak langsung menyeleksi atlet untuk berlaga di ajang bergengsi tingkat internasional  seperti SEA Games, Asian Games, Olimpiade, dan sebagainya.

Pada PON XX Papua ini akan diikuti 6.484 atlet dari 34 provinsi se-Indonesia untuk berpartisipasi dalam event empat tahunan tersebut. Masing-masing  provinsi di Indonesia yang menyiapkan atletnya  yang handal akan berpartisipasi aktif pada  PON XX Papua.

Ketua Panwasrah PON XX yang juga Wakil I Ketua Umum KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Suwarno mengatakan, PON XX Papua akan mempertandingkan 37 cabang olahraga, 56 disiplin cabang olahraga, 679 nomor pertandingan/perlombaan, dan 6.484 orang kuota atlet.

“Jumlah kuota atlet sudah final setelah pembahasan Technical Handbook (THB) PON XX 2021 Papua, kuota bisa berkurang setelah tim keabsahan PON melakukan verifikasi atlet, tetapi kalau bertambah sudah tidak ada lagi,” kata Suwarno.

PON XX Papua, lanjut Suwarno akan  melahirkan atlet berkelas internasional karena Pekan Olahraga Nasional yang diselenggarakan di Papua ini secara tidak langsung menyeleksi atlet untuk ajang yang lebih berkelas seperti SEA Games, Asian Games, Olimpiade, dll.

Persiapan dan kesiapan 34 provinsi dalam menyiapkan atlet dinyatakan final.

“Data atlet yang akan bertanding di PON Papua sudah final, data tersebut bisa dipakai untuk bidang akomodasi, konsumsi dan transportasi,” ungkap Suwarno.

Untuk menciptakan atlet bertaraf internasional, pihak tuan rumah penyelenggara PON XX telah membangun venue yang siap digunakan dalam laga akbar itu.

Kabupaten Jayapura memiliki 21 venue, Kota Jayapura 22 venue, Kabupaten Merauke 6 venue, dan Kabupaten Mimika 12 venue.  Total venue yang telah disediakan  pihak tuan rumah yakni 61 venue dengan masing-masing cabang olahraga.

Venue-venue tersebut antara lain, Klaster Kabupaten  Jayapura menyiapkan 21 venue mulai dari cabang olahraga lompat indah, renang artistik, polo air, renang, selam kolam, senam artistik, senam ritmik, senam aerobik, hoki outdoor, hoki indoor, softball, baseball, sepak bola, kempo, muay thai, pencak silat, menembak, cricket, panahan, gantole, dan yang terakhir rugby.

Sementara itu Klaster  Kota Jayapura, memiliki 22 venue antara lain venue cabang olahraga angkat besi, angkat berat, binaraga, softball (PA), baseball, voli indoor, voli pasir, sepak takraw, sepak bola (PA), taekwondo, karate, tinju, tenis, sepatu roda, canoeing, rowing, traditional br, bulu tangkis, layar, renang perairan terbuka, selam laut, dan paralayang.

Klaster Merauke pihak tuan rumah membangun 6 venue dengan cabang olah raga sepak bola, wushu, gulat, catur, bermotor, dan terakhir anggar.

Klaster Mimika tersedia 12 venue dengan cabang olahraga atletik, bola basket, panjat tebing, biliar, bola tangan, futsal, judo, tarung derajat, aeromodelling, terbang.

PON XX Papua tahun 2021 sudah di ambang pintu. Hampir semua venue PON bertaraf internasional tuntas dibangun dan bersamaan dengan itu juga, seluruh lapisan masyarakat Tanah Papua sekaligus seluruh anak Bangsa di Persada Indonesia terus bermimpi kiranya dari arena PON yang bertaraf internasional itu lahirlah atlet-atlet tangguh yang juga bertaraf internasional demi keharuman nama Bumi Cenderawasih pada khususnya dan Indonesia Raya pada umumnya.

PON XX  Papua : “Torang Bisa!Torang Bisa! Torang Bisa!”

*Muhammad I. Lajanahu: Mahasiswa FKIP Uncen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bidang I PB PON Terus Sinergi Mantapkan Upacara Pembukaan PON XX

TIFFANEWS.COM – Tidak terasa gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua sudah didepan mata. Tinggal 72 hari lagi PON XX akan dilaksanakan dimana Papua sebagai tuan rumahnya. Pertandingan PON XX ini diadakan di 4 klaster yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke. Salah satu acara dari pertandingan […]
Instagram did not return a 200.
Translate »