PON XX Papua Diperkirakan Beri Kontribusi pada Pertumbuhan Ekonomi

Tukan Ben
Arsip Foto : Salah satu stand penjualan di arena Gebyar PON XX Papua di Jayapura, 19 Juni 2021 (Foto : dok Tiffanews)

TIFFANEWS.COM,- Bank Indonesia perwakilan Papua  memperkirakan pelaksanaan PON XX akan memberikan kontribusi tambahan terhadap pertumbuhan ekonomi Papua sebesar 0,8 persen-1,2 persen (yoy).

“Pertumbuhan tersebut mayoritas didukung pada aktivitas sektor konstruksi atas pembangunan sarana dan prasarana pendukung PON XX. Demikian pula dengan sektor lainnya seperti penyediaan akomodasi dan makan minum, sektor transportasi, sektor perdagangan serta sektor informasi dan komunikasi yang juga ikut mengalami pertumbuhan karena PON XX,” kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Naek Tigor Sinaga dalam bincang media di Jayapura, Rabu (30/6)

Tigor mengatakan, pada pelaksanaan PON nanti pihaknya menargetkan tersedia 51 ribu merchant QRIS untuk melayani seluruh transaksi pembayaran dan mendukung suksesnya penyelenggaraan PON XX di Papua.

“Tentunya hal ini tidak terlepas dari dukungan kesiapan infrastruktur serta ketersediaan jaringan internet yang stabil di Papua,”ujarnya.

Sebagaimana diberitakan tiffanews.com sebelumnya, Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Eko Listyanto menilai arena atau venue olahraga Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dapat menciptakan multiplier effect ekonomi bagi wilayah tersebut.

“Sarana infrastruktur olahraga tersebut memiliki nilai ekonomi tinggi dan menciptakan multiplier effect,” ujar Eko, Rabu, (21/4) lalu.

Eko mencontohkan bagaimana daerah-daerah, seperti Jabodetabek, yang dekat dengan sarana dan prasarana olahraga menjadi pusat ekonomi. Sarana infrastruktur olahraga sangat bisa untuk memfasilitasi bertemunya antara kegiatan masyarakat dalam bentuk olahraga dengan ekonomi. (bn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

67 Atlet Papua Jalani Vaksinasi di Makassar

TIFFANEWS.COM,- Sebanyak 67 atlet asal Papua ikut menjalani program vaksinasi bersama atlet Sulawesi Selatan (Sulsel) yang disiapkan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di GOR Sudiang Makassar, Kamis (1/7) Kepala Bidang Keolahragaan Dispora Sulsel Muhlis, mengatakan atlet asal Papua yang mengikuti vaksin tersebut merupakan atlet yang menjalani program pemusatan latihan […]
Instagram did not return a 200.
Translate »