Produk Lokal Jadi Pilihan Utama Merchandise PON XX Papua

Tukan Ben
Pelaku UMKM Jayapura menjual berbagai macam Noken pada acara Gebyar PON XX Papua di Jayapura 19 Juni 2021. (Foto : tangkapan layar  /tiffanews.com)

TIFFANEWS.COM,- Provinsi Papua kali ini mendapat kesempatan untuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX.  Event olahraga berskala Nasional ini rencananya akan diselenggarakan pada 2 – 15 Oktober 2021 dengan mempertandingkan 36 cabang olahraga dan 56 disiplin olahraga di 4 klaster yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Panitia Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua memastikan, produk buatan lokal bumi cenderawasih, bakal menjadi pilihan utama untuk ditetapkan sebagai daftar merchandise resmi event empat tahunan itu.

Menurut Ketua II PB PON XX 2021 Bidang Pemasaran, TIK SDM dan Keamanan. Roy Letrora proses seleksi merchandise masih sementara berlangsung. Dimana sekian banyak produk lokal kini sedang dalam tahap seleksi.

“Ada banyak produk lokal yang kami seleksi, seperti madu wamena, noken, topi, tas dan lainnya. Juga ada air minum dalam kemasan. Intinya kami mesti seleksi supaya nanti yang ditetapkan adalah yang terbaik tapi buatan lokal tentunya,” kata dia di Jayapura, Kamis (1/7/2021).

Jika sesuai rencana, ucap dia, daftar merchandise resmi PON XX Papua akan diumumkan pada akhir Agustus mendatang.

Merchandise tersebut, nantinya akan disertakan logo atau maskot PON XX. “Namun, tak ada penerapan Hak Atas Kekayanan Intelektual (HaKI) KONI Papua terhadap merchandise produk Papua itu”.

“Hanya ada ketentuan HAKI KONI bahwa setiap produk yang sifatnya komersil kita kembalikan 20 persen dari marginnya ke KONI sebagai pemegang HAKI. Tapi pasti ada pengeculian khusus bagi produk lokal Papua” ucap ia.

Roy pada kesempatan itu memastikan setiap produk lokal yang terpilih adalah dibuat, diproduksi serta bahan bakunya berasal dari Papua. Oleh karenanya, untuk produk yang menggunakan bahan baku dari luar daerah, secara otomatis gugur.

“Yang jelas tidak mungkin semua akan masuk. Tapi yang pasti produk buatan itu harus benar-benar diproduksi dan bahan bakunya dari Papua. Jangan ambil bahan baku disini lalu produksi di luar kemudian bawa kembali kesini itu tidak masuk kriteria,” ungkapnya.

Papua menyimpan kekayaan alam, budaya, kuliner, dan produk kerajinan yang sangat beragam. Seperti Kota Jayapura yang memiliki ikon baru berupa Jembatan Merah, Kabupaten Jayapura dengan Danau Sentani, Kabupaten Mimika dengan Taman Nasional Lorentz, dan Kabupaten Merauke dengan Monumen Kapsul Waktu.

Kekayaan budaya yang dimiliki Papua juga wajib disaksikan, seperti tarian khas Papua dan sejumlah festival budaya yang beraneka ragam. Produk kerajinan dari Masyarakat Papua juga menambah ragamnya keunikan Papua. Berbagai produk kerajinan tersebut tentunya akan meningkatkan taraf ekonomi Masyarakat Papua.

“Kami selaku Panitia Besar PON akan menyiapkan yang terbaik. Provinsi Papua sebagai tuan rumah menyimpan kekayaan alam dan budaya yang siap menyambut seluruh kontingen maupun Masyarakat Indonesia” kata Roy Letrora.

Selain dapat menyaksikan ajang olahraga terbesar di Indonesia yaitu PON ke-20 ini, kita juga bisa melihat indahnya serta kayanya Provinsi Papua dengan alam dan budayanya. Provinsi Papua sudah siap menjadi tuan rumah terbaik bagi PON XX Papua 2021. (*Ifa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

13 Atlet Cricket PON Papua Dipanggil Seleksi Timnas

TIFFANEWS.COM – Kabar gembira tengah menyelimuti tim cricket putra dan putri Papua yang dipersiapkan untuk tampil diajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021. Kabar gembira tersebut adalah pemanggilan 13 atlet Cricket Papua untuk mengikuti Seleksi Timnas guna persiapan Kejuaraan Dunia Cricket. Pelatih kepala tim Cricket Papua, Christ Makabori […]
Instagram did not return a 200.
Translate »