Rakornis Bidang I Sub PB PON XX Mimika Ditutup, Jasa Klemen Tinal Dikenang

Tukan Ben
FOTO DOKUMENTASI : Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal saat memberikan keterangan pers di Kantor Kemenpora. Selasa, (11/5) terkait pesiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua (Foto:raiky/kemenpora.go.id)

TIFFANEWS.COM – Jasa besar Wakil Gubernur Papua,  Klemen Tinal  yang menjadikan Papua sebagai tuan rumah penyelenggaraan pesta akbar olahraga tingkat nasional PON XX Tahun 2021 dikenang para  peserta Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Lanjutan  Bidang I  PB PON Papua Sub Mimika dengan  Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) PB PON XX dan Technical Delegate (TD) cabang olahraga PON XX Papua.

Rakornis Lanjutan Bidang I PB PON XX Papua Sub Mimika  yang berlangsung di Timika, ibukota Kabupaten Mimika telah secara resmi dibuka  Ketua Umum PB PON XX Papua Sub Mimika sekaligus Bupati Mimika, Eltinus Omaleng pada Rabu (19/5) dan ditutup meriah oleh Ketua Bidang I PB PON Papua, Dr.Yusuf Yambe Yabdi,ST.MT.

“Perjalanan panjang yang melelahkan untuk menjadikan Papua sebagai tuan rumah penyelenggaraan PON XX Tahun 2021i tidak terlepas dari nama dan peran Bapak Lukas Enembe dan Bapak Klemen Tinal. Namun, Tuhan berkehendak lain, pada hari ini kita menyaksikan, Bapak Klemen Tinal sudah pergi meninggalkan kita untuk selama-lamanya. Nama dan jasa besar Klemen Tinal untuk PON XX Papua terukir indah di  sanubari kita masing-masing. Jasanya tak terlupakan,” kata Yusuf Yambe Yabdi mengawali Sambutan Penutupan Rakornis Bidang I Lanjutan PB PON Sub Mimika mengenang pribadi Bapak Klemen Tinal – Wakil Gubernur Papua yang telah menghembuskan nafas terakhir   pada Jumat (21/5) di  Jakarta.

Sejak awal lahirnya gagasan untuk menjadikan Papua sebagai tuan rumah PON XX, lanjut Yusuf Yambe Yabdi,  Klemen Tinal yang adalah anak adat Mimika sudah memberikan dukungan yang sangat besar.

“Kini, dalam keheningan Surga Abadi, Bapak Klemen Tinal menyaksikan kerja keras kita semua di Klaster Mimika untuk  menyukseskan PON XX Tahun 2021 yang sudah semakin dekat,” kata Yusuf Yambe Yabdi.

Ketua Bidang I PB PON XX Papua Yusuf Yambe Yabdi secara resmi menutup Rakornis Bidang I Lanjutan PB PON XX Sub Mimika (foto: frankZ/Richard)

Menurut Yusuf, pada Juli nanti,  kita sudah memasuki hari-hari penyelenggaraan “test event” (uji coba penyelenggaraan PON)  sehingga apa saja yang sudah kita lakukan pada Rakornis Bidang I Lanjutan ini akan menambah “kosa kata” kita untuk test event hingga pada puncak pesta olahraga tingkat nasional PON XX Tahun 2021 Oktober mendatang.

“Ingatlah kaian semua, begitu banyak orang sudah berkorban untuk menjadikan Mimika sebagai salah satu klaster  tuan rumah penyelenggaraan PON XX selain klaster Merauke, Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. Negara Republik Indonesia telah berkorban mengucurkan begitu banyak duit untuk keberhasilan PON XX. Kita semua sepakat bahwa melalui prestasi yang diraih para atlet, Merah – Putih akan tetap berkibar di arena PON XX ini,” kata Yusuf Yambe Yabdi membakar semangat kerja  para peserta Rakornis Bidang I Lanjutan PB PON XX Papua Sub Mimika.

Yusuf Yambe mengingatkan kepada para peserta Rakornis  bahwa berbagai tantangan akan datang silih berganti namun, tantangan demi tantangan yang kita hadapi hari ini dan nanti, haruslah kita diskusikan bersama-sama  demi menjaga dan mempertahankan kebesaran nama Indonesia Raya sampai akhir zaman.

“Biarlah semuanya ini menjadi kebanggaan seluruh rakyat di Persada Indonesia yang juga adalah  kebanggaan seluruh rakyat di Tanah Papua ini. Tuhan memberkati kita semua!” kata Yusuf Yambe Yabdi disambut tepukan tangan meriah para peserta Rakornis Bidang I Lanjutan PB PON XX Sub Mimika.

Usai memberikan sambutan penutupan Rakornis Lanjutan, Ketua Bidang I PB PON XX Papua itu secara resmi menutup seluruh rangkaian kegiatan Rakornis Lanjutan di Klaster Mimika.

“Dengan memanjatkan puji dan syukur berlimpah kepada Tuhan Yang Maha Esa,  dan atas nama Ketua Harian PB PON XX Papua Bapak Dr Yunus Wonda,  sembari mengenang almarhum Bapak Klemen Tinal, saya menutup kegiatan Rakornis ini. Tuhan Memberkati!” kata Yusuf Yambe Yabdi dilanjutkan foto bersama.

Team pendukung internal yang solid

Pantauan Tiffanews.com di arena Rakornis Bidang I Lanjutan, selama berlangngsungnya kegiatan Rakornis  hingga acara  penutupan Rakornis Lanjutan  (19 Mei  – 21 Mei 2021) , terlihat dengan mata telanjang,  para peserta yang hadir menampakkan wajah penuh riang gembira karena mereka telah mendapatkan banyak saran dan “masukan” berharga untuk terus bekerja demi suksesnya  penyelenggaraan PON XX di Klaster PON Mimika terutama arahan dan nasehat dari Ketua Bidang I PB PON XX Papua, Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) PB PON XX dan Technical Delegate (TD) cabang olahraga PON XX Papua.

Ketua Umum PB PON XX Sub Mimika sekaligus Bupati Mimika Eltinus Omaleng (batik kiri pembaca) santap malam bersama Ketua Bidang I PB PON XX Papua Yusuf Yambe Yabdi (kanan pembaca).

Tampak pula kekompakkan kerja “Team Pendukung” internal  Bidang I PB PON XX Papua yang datang dari Jayapura untuk bahu-membahu bergotong royong mendukung dan memperlancar pekerjaan  Bidang I PB PON XX Sub Mimika, Panwasrah dan TD cabang olahraga PON XX Papua.

Team Pendukung” internal itu terdiri atas antara lain, Kesekretariatan Bidang I PB PON XX Papua, Keuangan, dan Humas Bidang I PB PON XX Papua (dokumentasi, media informasi cetak/buletin   dan official media online Bidang I PB PON XX Papua).

Selain itu juga, “peran central”  Ketua Umum PON XX Sub Mimika sekaligus Bupati Mimika, Eltinus Omaleng menjadi salah satu faktor “Penentu Utama” sekaligus “barometer dan lokomotif” keberhasilan penyelenggaraan PON XX Tahun 2021 di Klaster  Mimika.

Patut diketahui, Rakornis Bidang I serupa digelar juga di klaster lainnya yaitu Klaster Kabupaten Jayapura, Merauke dan Kota Jayapura.

Para peserta Rakornis Bidang I Lanjutan PB PON XX Sub Mimika bergambar bersama usai acara penutupan Rakornis Lanjutan di Timika (foto:FrankZ/ Richard).

Data PON XX Papua Tahun 2021 yang diterima Tiffanews.com antara lain menyebutkan, di Klaster Kabupaten Mimika, cabang olahraga yang akan dipertandingkan nanti adalah aeromodeling, terbang layang, terjun payung, atletik, bola basket 5 X 5, bola basket 3 X 3, biliar, panjat tebing, futsal, bola tangan, judo dan tarung derajat.

Klaster Kabupaten Mimika memiliki sembilan venue (arena)  yaitu Mimika Sport Center (atletik); GOR Mimika Sport Center (basket); GOR Futsal Mimika (bola tangan, futsal);  GSG Emeneme Mimika (judo dan tarung derajat); arena panjat tebing MSC (panjat tebing); GOR Biliard Mimika (biliard); Lapangan Kantor Bupati Mimika (aerosport); Lapangan AURI (aerosport) dan Lapangan SP-5 (aerosport).*** (Ade/Bn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Jumlah Penderita Hipertensi Makin Tinggi, Ini Cara Pengendaliannya

TIFFANEWS.COM, – Sampai saat ini hipertensi masih merupakan momok di masyarakat, tetapi sebenarnya bisa dicegah dengan rajin memeriksa tekanan darah secara berkala. “Yang utamanya harus dilakukan adalah meningkatkan awareness masyarakat untuk melakukan deteksi dini secara berkala untuk pencegahan dan mengendalikan hipertensi,” ujar dr. Cut Putrie Arianie, MH.Kes, Direktur Pencegahan dan […]
Instagram did not return a 200.
Translate »