RHP : Demokrat Papua Pastikan Tak Ada Demontrasi Duduki Kantor Gubernur

Marcel
Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah Paryai Demokrat Papua, Ricky Ham Pagawak didampingi sejumlah kader memberikan Keterangan Pers di kantor DPD PD Papua. (Foto : Tiffanews.com/Marcel)

TIFFANEWS.COM – Wakil Ketua I Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat (DPD PD) Papua, Ricky Ham Pagawak alias RHP memastikan pihaknya tak akan turun melakukan aksi demonstrasi damai menduduki kantor Gubernur Papua, pada Senin (28/06) guna memprotes penunjukan Sekda Papua Dance Flassy sebagai Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Papua, sebagaimana sebelumnya telah mereka agendakan.

RHP yang didampingi sejumlah kader utama DPD PD Papua diantaranya Mustakim selaku Wakil Ketua, El Bahar Conoras selaku Wakil Sekretaris, kepada wartawan di Abepura, Minggu (27/06) petang menjelaskan, penundaan atau tidak dilaksanakan demo damai perihal penunjukan Sekda sebagai Plh, setelah ada imbauan resmi dari Gubernur Papua Lukas Enembe yang juga adalah sebagai ketua DPD PD Papua untuk meminta sejumlah komponen dan masyarakat tidak melakukan aksi apapun yang menimbulkan keramaian.

“Kami dari DPD PD Papua merasa penting menyampaikan sikap ini. Sebab, Gubernur Lukas Enembe adalah ketua DPD kami, sehingga wajib bagi kami membela, mendukung, dan menjaganya. Dengan demikian, imbauan Gubernur Lukas Enembe wajib kami sebagai kader partai untuk menataatinya,” tegas RHP.

RHP yang juga adalah Bupati Mamberamo Tengah tak menampik jika sebelumnya telah siap untuk turun bersama rakyat melakukan aksi demo damai di kantor Gubernur pada Senin. Hal itu setelah pada Jumat (25/06), pihaknya menerima aksi massa di halaman kantor DPD PD Papua, yang meminta dukungan agar turut dalam aksi itu.

“Pada kesempatan itu, kami juga sampaikan hari Senin atas permintaan masyarakat yang akan turun demo dengan adanya penunjukan Plh, bahwa DPD PD Papua merasa perlu sehingga menerima masyarakat dan menyatakan sikap untuk ikut turun bersama. Namun, setelah koordinasi lebih lanjut dengan pak Gubernur yang juga ketua DPD PD, mempertimbangkan hal itu dan menyatakan tak boleh ada aksi,” urainya.

“Maka dengan imbauan tadi, kami DPD menerima arahan dan menyatakan kegiatan aksi demo damai yang akan dilakukan besok, kami PD Papua nyatakan tak akan ikut dalam aksi demo damai. Kami dari DPD PD Papua apresiasi seluruh masyarakat Papua dengan penuh rasa hormat terimakasih dukungannya pada Gubernur Papua sejak mulai sakit hingga proses penyembuhan. Kita tahu mereka semua merindukan sosok yang mereka pilih sebagai pemimpin dua periode di Tanah Papua. Dan permohonan maaf jika aksi demo damai kami nyatakan untuk tidak dilakukan demo damai Senin besok,” tegasnya mengakhiri.

Keterangan pers dari Koalisi Rakyat Papua. (Foto : Tiffanews.com/Marcel

Di tempat terpisah pihak Koalisi Rakyat Papua yang sebelumnya telah menyatakan sikap akan tetap melakukan aksi demo damai juga kian melunak.

Koordinator Koalisi Rakyat Papua Diaz Gwijangge didampingi sejumlah aktivis dan pemuda nusantara, diantaranya Panji Agung Mangkunegoro, John Wenehen, Musa Haluk dan puluhan lainnya, menyatakan akan menahan diri dan menunda aksi demontrasi menolak penunjukan Plh Gubernur Papua kepada Sekda Dance Flassy karena dinilai menyalahi proses itu.

“Kami akan tunda aksi demo besok dan tetap menempuh cara lain. Karena kami sangat kecewa dengan cara tidak elok yang terjadi dalam proses pengajuan surat Sekda Papua hingga pada penunjukan Plh oleh Kementerian Dalam Negeri. Kami paham bahwa penunjukan Plh adalah sesuai aturan perundangan. Yang kami protes adalah cara-cara tidak terhormat yang mereka lakukan itu,” pungkas Diaz. (Cel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

HUT Ke-13, PT Semuwa Group Beri Bantuan Mobil Ambulance kepada GKI Filadelfia Nolokla

TIFFANEWS.COM,-Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-13 PT Semuwa Group ditandai dengan penyerahan bantuan dua unit mobil ambulans jenazah kepada Gereja GKI Filadelfia Nolokla Kampung Harapan dan DPD Wahdah Islamiyah Panca Rijang Sulawesi Selatan. Rangkaian acara ulang tahun tersebut juga dilakukan kegiatan donor darah dan Halal Bihalal, yang dihadiri Asisten I […]
Instagram did not return a 200.
Translate »