Ritual Adat Papua Iringi Program TMMD KE-111 Kodim 1708/BN

Marcel
Mananwir Galvin Mofu menyerahkan piring adat kepada perwakilan pimpinan satgas TMMD di Desa Kandibundi Distrik Swandiwe Kabupaten Biak Numfor, Sabtu (26/6/2021). (Foto : Pendam Cenderawasih)

TIFFANEWS.COM – Kearifan lokal adat Papua tumbuh mengakar dan membudaya di kehidupan masyarakatnya. Demikian pula di wilayah kabupaten Biak, Papua, yang sangat menghargai alam sekitar dan dalam setiap tindakannya selalu mengandung makna filosofis luhur yang sangat menarik untuk dijadikan bahan renungan.

Bertempat di Rumah Mananwir Galvin Mofu dilaksanakan ibadah syukur dan sekaligus tradisi adat pemasangan atap rumah TMMD ke-111 di Desa Kandibundi Distrik Swandiwe Kabupaten Biak Numfor yang di hadiri oleh Dandim 1708/BN, Danramil 1708-03/Biak Barat beserta para pendeta dan Keluarga, Sabtu (26/6/2021)

Mananwir Galvin Mofu menjelaskan bahwa acara adat pemasangan atap seng ini merupakan sebuah tradisi adat yang tidak boleh ditinggalkan, apalagi rumah yang di bangun dalam program TMMD ini merupakan rumah yang di berikan kepada para Kepala Adat/Mananwir di wilayah Biak Numfor.

“Karena ini rumah adat bagi tokoh-tokoh adat/Mananwir maka kami iringi dengan acara ritual secara bertahap, dari ibadah syukur sampai dengan pemasangan atap seng,” jelas Bapak Galvin.

“Dalam kesempatan ini kami bersyukur dan bahagia karena acara adat pemasangan atap ini Dandim 1708/BN berkenan hadir ditengah-tengah kita,” imbuhnya.

Di tengah-tengah acara adat pemasangan atap Dandim 1708/BN Letkol Inf Arif Setiyono, S.I.P berpesan kepada masyarakat Kandibundi untuk ikut serta membantu anggota Satgas TMMD ke-111 dalam membangun rumah para Mananwir ini.

“Saya meminta seluruh warga dan anggota Satgas TMMD ke-111 untuk mematuhi protokol kesehatan dengan 5 M demi menjaga agar  terhindar dari covid-19,” tutur Dandim Letkol Inf Arif Setiyono. (Cel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Satgas TNI Semarakkan Acara Kepemudaan Di Perbatasan RI-PNG

TIFFANEWS.COM – Sebagai bentuk rasa persaudaraan yang kuat antara TNI dengan masyarakat yang tinggal di wilayah perbatasan, personel Pos Bompay Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista turut serta memeriahkan dan berpartisipasi mensukseskan kegiatan masyarakat yang diselenggarakan Orang Muda Katholik (OMK) di Kampung Bompay, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua, Sabtu (26/6/2021). Hal […]
Instagram did not return a 200.
Translate »