RSUD Wamena Batasi Produksi Oksigen 50 Tabung Per Hari

Tukan Ben
Dokter Anton Manaor. (Foto : ANTARA/HO/Anton)

TIFFANEWS.COM,-  Manajemen Rumah Sakit Umum (RSUD) Wamena di Kabupaten Jayawijaya Provinsi Papua memastikan oksigen tersedia walau mereka hanya produksi 50 tabung besar per hari guna mencegah terjadinya kerusakan pada satu-satunya mesin produksi yang dimiliki.

Kepala Bidang Penunjang RSUD Wamena dokter Anton Manaor, Senin (2/8), mengatakan mesin itu tidak boleh dipaksa bekerja berat agar tidak rusak.

“Kemampuan mesin itu kita pakai optimal saja 50 tabung, kita tidak mau tingkatkan 60 sebab jangan sampai rusak. Kita tidak operasikan 24 jam. Harus ada istirahat 4-6 jam per hari supaya jangan rusak. Kalau rusak itu akan jadi masalah sebab satu-satunya mesin di sini,” katanya.

Kebutuhan maksimal per hari di RSUD Wamena bisa mencapai 150 tabung, sebab digunakan untuk pasien COVID-19 dan non COVID-19 di ruang operasi, ICU, IGD.

“Kalau pasien COVID lagi meningkat itu bisa sampai 150 tabung per hari karena itu sudah termasuk pasien COVID dan non COVID. Tetapi untuk pasien COVID ini memang sekarang banyak kebutuhannya,” katanya.

Menurut dia, dalam dua jam pihaknya selalu mengganti tabung oksigen yang diberikan kepada pasien, terutama pasien yang membutuhkan tegangan tinggi.

Berdasarkan data tim COVID-19 Jayawijaya per 1 Agustus, pasien positif yang sementara dirawat pemerintah mencapai 404 orang.

Semenjak COVID-19 masuk ke Jayawijaya hingga Agustus 2021, sebanyak 1.630 warga dilaporkan terjangkit. Dari jumlah itu 1.208 dinyatakan sembuh dan 18 orang meninggal dunia. (ant/*bn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Banyak Nakes Tertular, Jayawijaya Hentikan Pelacakan Pasien COVID-19

TIFFANEWS.COM,-  Dinas Kesehatan Kabupaten Jayawijaya Provinsi Papua menghentikan sementara pelacakan dan penapisan pasien COVID-19 karena sebagian tenaga medis terpapar virus itu sehingga jumlah petugas medis terbatas. Kepala Dinas Kesehatan Jayawijaya dokter Willy Mambieuw di Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, Senin (2/8), mengatakan ada instruksi bupati bahwa selama penerapan PPKM dinkes […]
Instagram did not return a 200.
Translate »