Satgas TMMD Kodim 1709/Yawa Gelar Penyuluhan KB Kes Dan Pengobatan Massal Kepada Warga Poom

Tiffa News

TIFFANEWS.COM, Yapen – Berlokasi di Puskesmas Kampung Poom I Distrik Poom Kabupaten Kepulauan Yapen, Satgas TMMD ke-113 Kodim 1709/Yawa menggelar kegiatan Non Fisik TMMD berupa Penyuluhan KB Kesehatan dan pengobatan massal kepada seluruh lapisan masyarakat Kampung Poom I dan II, Minggu (05/06/2022).

Mengawali kegiatan Penyuluhan KB Kesehatan tersebut, Satgas TMMD Kodim 1709/Yawa turut menggandeng Dinas Pemberdayaan Perempuan dan KB Kab. Kep. Yapen, Martafina Burumi SP2 TP dalam penyuluhannya kepada warga mengatakan Program KB merupakan program kegiatan promotif dan preventif yang terpadu, menyeluruh dan berkesinambungan.

Pelayanan promotif dan preventif meliputi konseling dan penggunaan kontrasepsi Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dan non Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (non MKJP).

“MKJP merupakan metode kontrasepsi yang harus digalakkan, karena efektifitasnya relatif lama antara tiga tahun sampai seusia hidup yang terdiri dari implan, Intra Uterine Device (IUD), Metode Operasi Wanita (MOW) dan Metode Operasi Pria (MOP), dan kebanyakan masyarakat masih banyak menggunakan alat kontrasepsi jangka pendek, padahal alat KB jangka pendek risiko kegagalannya cukup tinggi. Sebab itulah kami hadir ditempat ini untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada seluruh warga, bahwa program KB 2 anak itu lebih baik,” jelasnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pengobatan massal kepada seluruh warga, yang dilakukan oleh Kodim 1709/Yawa bekerjasama dengan petugas kesehatan dari Puskesmas Poom. Tampak antusias warga sangat tinggi dalam mengikuti kegiatan tersebut. Para warga langsung menyerbu petugas kesehatan untuk memeriksakan kondisi kesehatannya masing-masing.

Disela kegiatan, Letda Inf Totok selaku Pjs. Perwira Seksi Teritorial Kodim 1709/Yawa mengungkapkan bahwa kehadiran Satgas TMMD Kodim 1709/Yawa tak hanya menjalankan Program Fisik TMMD pembangunan rumah warga, namun juga diikuti dengan Program Non Fisik TMMD.

“Kali ini lewat Penyuluhan KB Kesehatan dan pengobatan massal secara gratis kepada seluruh warga, sehingga diharapkan seluruh warga kampung ini dapat lebih sehat dan produktif dalam menjalani aktivitas sehari-hari dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” kata Letda Inf Totok selaku Pjs. Perwira Seksi Teritorial Kodim 1709/Yawa.

Diakhir kegiatan Non Fisik TMMD ke-113 Kodim 1709/Yawa ini, Satgas TMMD memberikan bingkisan Sembako dari Komandan Kodim 1709/Yawa yang diserahkan kepada seluruh warga masyarakat kampung poom I dan II yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Ipda Romi Kapolsek Poom, Maria Tanawani Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan KB Kab. Kep. Yapen, Yustati, S.ST, M.Kes Kepala Puskesmas Poom, Misael Berotabui mewakili Kepala Distrik Poom, dr. Oktaf Kaidel, dan para Kader Bina Keluarga Lansia, Remaja dan Balita. (Pendam XVII/Cenderawasih/lina)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Usai Beribadah Bersama Warga Papua, Satgas TNI 711/RKS Bagi Alkitab

TIFFANEWS.COM, Keerom ~ Usai melaksanakan ibadah bersama masyarakat, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Yonif 711/Rks Pos Ampas memberikan bantuan Alkitab kepada Jemaat di Gereja Santo Petrus, Kampung Ampas, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Senin (06/06/2022). Dalam keterangannya, Danpos Ampas Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Letda Inf Harys Setyawan […]
Translate »