Siap Hadapi PON XX, Kaltara Target 6 Medali Emas

Marcel
Ilustrasi Logo PON Papua

TIFFANEWS.COM,-  –  Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Zainal Arifin Paliwang, meminta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalimantan Utara, untuk menyiapkan strategi jitu dan target perolehan medali Kontingen Kaltara, dalam menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua pada Oktober mendatang.

“Saya berharap kontingen Kaltara dapat berprestasi dan membanggakan dalam PON XX Papua nanti, karena PON itu merupakan ajang olahraga nasional, untuk mencapai hal itu maka kita perlu berlatih dan mempersiapkan strategi jitu untuk memaksimalkan perolehan medali nanti,” katanya dengan penuh semangat pada Sabtu (19/6) akhir pekan lalu.

Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang, rencananya juga akan menyiapkan dana sekitar Rp20 Miliar untuk mendukung Kontingen Kaltara dalam agenda bertolak ke Papua, memikul gengsi provinsi yang kerap diunggulkan dalam Cabor Taekwondo dan Sepak Takraw tersebut.

“Intinya, kami dari Pemprov Kaltara akan seratus persen mendukung seluruh kegiatan KONI Kaltara dalam rangka mempersiapkan atlet-atlet kita menghadapi PON XX mendatang, saya targetkan enam medali emas,” lanjutnya.

Pada PON sebelumnya, kontingen Kaltara tercatat telah masuk dalam 26 besar nasional, dengan perolehan dua medali emas.

Sehingga pada PON kali ini, Pemprov Kaltara menargetkan peningkatan perolehan medali emas sebanyak enam buah di sektor Cabor yang memang diunggulkan, yakni menembak, panjat tebing, layar, taekwondo, selam dan juga sepak takraw. Apabila terpenuhi, maka Kontingen Kaltara berpotensi untuk masuk dalam 20 besar.

Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX tahun 2021 akan digelar pada tanggal 2-15 Oktober 2021 mendatang.  Total 1783 medali akan diperebutkan oleh para atlet yang akan bertanding dalam Empat klaster penyelenggaraan itu, yakni Kota Jayapura, kabupaten Jayapura, Kabupaten, Mimika dan Kabupaten Merauke.

Dari total 1783 medali yang akan diperebutkan 6496 atlet di even Nasional terakbar Empat tahunan itu, terdiri dari 681 medali emas, 681 medali perak dan 877 medali perunggu.

PON XX Papua mempertandingan 37 cabang olahraga (cabor) dengan 681 disiplin nomor pertandingan. Panitia pertandingan berjumlah 9904 orang, serta 3247 orang official.

Dalam PON Papua kali ini juga akan digelar 10 cabor eksebisi, sebagai syarat cabor tersebut dapat dipertandingkan secara resmi dalam gelaran PON berikutnya. (Tim/Cel)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Empat Atlet Papua Lolos Seleknas Kurash Sea Games

. TIFFANEWS.COM – Atlet asal Papua terus menunjukan kualitasnya dalam sejumlah kejuaraan tingkat nasional. Hal ini sekaligus menjadi modal berharga kontingen Kurash mengarungi Pekan OLahraga Nasional (PON) XX pada bulan Oktober mendatang. Dimana, Kurash akan menjadi salah satu Cabor eksebisi yang dipertandingkan di PON XX Papua 2021. Kali ini, Empat […]
Instagram did not return a 200.
Translate »