Sukseskan PON XX, Kesbangpol Mimika Terus Bersinergi Minimalisir Potensi Gangguan

Marcel
Sekretaris Badan Kesbangpol MImika, Alfasiah, saat berbicang bersama tamu dikantornya. (Foto : Tiffanews.com)

TIFFANEWS.COM – Pihak Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Mimika, terus bersinergi dan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait, guna menyukseskan pelaksanaan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021. Sebagaimana diketahui,  Kabupaten Mimika menjadi salah satu daerah klaster yang akan menjadi tempat penyelenggaraan pertandingan PON Papua tahun 2021.

Sekretaris Badan Kesbangpol Mimika, Alfasiah, menuturkan, pihaknya siap ikut menyukseskan PON di Papua. Salah satunya, dengan terus berkordinasi guna meminimalisir terkait potensi kerawanan jelang PON XX di Klaster Mimika.

“Kondisi keamanan di Mimika sendiri saat ini dalam kategori aman. Namun, tentu dengan dinamika yang terjadi sekarang, masih ada potensi kerawanan yang relative sulit untuk dipetakan,” kata Alfasiah di Mimka, Selasa (29/06/2021).

Dikemukakan Alfasiah, pihaknya rutin berkoordinasi dengan aparat terkait dalam rangka mendukung keamanan dan ketertiban di Kabupaten Mimika. Apalagi, salah satu tugas utama Badan Kesbangpol adalah melakukan pencegahan dan deteksi dini setiap potensi kerawanan di daerah, termasuk salahsatunya ]jelang pelaksanaan PON XX 2021 sub Mimika.

“Kita aktif melaksanakan pertemuan dalam rangka Koordinasi Tim Kewaspadaan Dini Daerah dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat per Triwulan. Jelang PON ini, kita juga memfasilitasi pertemuan-pertemuan untuk membahas kerawanan jelang PON XX. Progam tersebut akan dilaksanakan sekitar 3 bulan sebelum pelaksanana PON, yakni pada Juli atau awal Agustus 2021,” papar Alfasiah.

Dia menambahkan, secara umum masyarakat Mimika sangat menginginkan agar PON XX tetap berlangsung.

Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX tahun 2021 akan digelar pada tanggal 2-15 Oktober 2021 mendatang.  Total 1783 medali akan diperebutkan oleh para atlet yang akan bertanding dalam Empat klaster penyelenggaraan itu, yakni Kota Jayapura, kabupaten Jayapura, Kabupaten, Mimika dan Kabupaten Merauke.

Dari total 1783 medali yang akan diperebutkan 6496 atlet di even Nasional terakbar Empat tahunan itu, terdiri dari 681 medali emas, 681 medali perak dan 877 medali perunggu.

PON XX Papua mempertandingan 37 cabang olahraga (cabor) dengan 681 disiplin nomor pertandingan. Panitia pertandingan berjumlah 9904 orang, serta 3247 orang official.

Dalam PON Papua kali ini juga akan digelar 10 cabor eksebisi, sebagai syarat cabor tersebut dapat dipertandingkan secara resmi dalam gelaran PON berikutnya. (Tim/Cel)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sriwijaya Siap Dukung Kelancaran PON di Mimika

TIFFANEWS.COM – District Manager Sriwijaya Air, Timotius Yudha Iriawan menyatakan, pihaknya siap ikut menyukseskan dan membantu Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX Papua, khususnya terkait kesiapan angkutan udara Maskapai Sriwijaya Air, jelang hingga pasca Penyelenggaraan PON XX di Kabupaten Mimika. Berbicara saat ditemui di seputaran Jln Budi Utomo, […]
Instagram did not return a 200.
Translate »