Sulbar Optimalkan Kesiapan Menuju PON Papua

Tukan Ben
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulbar Muhammad Hamzih (Foto : ANTARA/HO/Dispora Sulbar)

TIFFANEWS.COM,- Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Barat mengoptimalkan kesiapan dalam menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua yang akan berlangsung pada 2-15 Oktober 2021.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulbar Muhammad Hamzih, di Mamuju, Jumat (9/7) mengaku optimistis daerah itu tetap dapat mengikuti ajang olahraga empat tahunan tersebut di tengah kisruhnya penjaringan Ketua KONI Sulbar.

“Kami akan tetap berupaya semaksimal mungkin, agar Sulbar dapat tetap mengikuti PON XX di Papua,” kata Muhammad Hamzih.

Ia mengakui, Musyawarah Olahraga Provinsi Luar Biasa (Musprovlub) KONI Sulbar yang berakhir deadlock menyebabkan persiapan Sulbar dalam mengikuti PON XX Papua terhambat.

Namun Muhammad Hamzih tetap optimistis, di sisa waktu sekitar dua bulan tersebut, Sulbar dapat menyelesaikan berbagai permasalahan kesiapan daerah itu untuk memberangkatkan kontingen PON ke Papua.

“Musprovlub KONI Sulbar yang mengalami deadlock sehingga persiapan menuju PON Papua juga mengalami masalah. Dan memang kita belum punya anggaran untuk itu. Hari ini kita masih rapat tentang persiapan menuju Papua,” terangnya

“Salah satu persoalan yang dihadapi, yakni masalah pakaian kontingen, peralatan dan pemberangkatan, itu yang belum kita siapkan. Saya kemarin sudah bertemu dengan pak Gubernur dan beliau perintahkan agar segera melakukan komunikasi dengan pihak keuangan untuk menganggarkan pemberangkatan ke Papua,” jelas Muhammad Hamzih.

Saat ini, tambahnya, Dispora Sulbar masih melakukan pembenahan dalam rangka persiapan daerah itu mengikuti PON XX di Papua.

Ia juga tetap optimistis pada sisa waktu dua bulan ini, para atlet Sulbar yang akan berlaga di PON Papua, tetap dapat mengikuti pemusatan latihan daerah (puslatda)

“Usulan kita (puslatda) sebenarnya masuk sejak tahun lalu. Hanya karena ada persoalan teknis sehingga itu tertunda. Tetapi pada prinsipnya Sulbar tetap siap dan kami sudah berkomunikasi dengan pihak tertentu untuk membenahi berbagai hal berkaitan dengan kesiapan PON Papua,” tuturnya.

“Dua bulan waktu tersisa ini, masih ada kesempatan satu bulan untuk TC dulu bagi cabor-cabor dan yang lain-lainya kami sudah bersiap. Optimistis kita jalan dan siap ikut PON,” kata Muhammad Hamzih.

Pada ajang PON XX Papua, Provinsi Sulbar akan mengikuti delapan cabang olahraga (cabor), tiga di antaranya cabang unggulan, yakni sepak takraw, dayung dan catur.

Provinsi Sulbar akan memberangkatkan 52 orang pada PON Papua tersebut, termasuk para atlet, pelatih, ofisial serta pendampung dari KONI dan Dispora Sulbar.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulbar itu mengaku optimistis, ketiga cabang unggulan tersebut dapat mendulang medali pada PON XX di Papua.

“Dengan adanya kendala teknis ini, kami tidak bisa memastikan dan mamatok target tetapi saya oprimistis, ketiga cabor unggulan itu dapat meraih medali,” ujar Muhammad Hamzih. (ant/*bn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Jelang PON XX Papua, 16 Venue di Kota Jayapura Bermasalah

TIFFANEWS.COM,- Ketua Sub PB PON Kota Jayapura Benhur Tomi Mano mengatakan 16 venue yang berada di Kota Jayapura bermasalah sehingga harus dibenahi sebelum digunakan untuk uji coba. “Memang benar seluruh venue untuk PON XX yang berada di Kota Jayapura bermasalah sehingga harus segera dibenahi dan itu sudah dilaporkan ke PB […]
Instagram did not return a 200.
Translate ยป