Tiffanews.com Media Online Pertama Siapkan Rubrik Khusus Freeport Indonesia

Tukan Ben
Pemerhati Pemerintahan Daerah, Habelino Sawaki, SH., MSi (HAN)

TIFFANEWS.COM – Media online Tiffanews.com yang memiliki “Dapur Redaksi” di Jayapura, ibukota Provinsi Papua merupakan media online pertama di Tanah Papua, malahan  Indonesia yang menyediakan “Rubrik Freeport” berisi berbagai informasi tentang PT Freeport Indonesia (PTFI)  yang adalah  salah satu perusahaan tambang mineral tembaga, emas dan perak terbesar di Dunia yang  telah puluhan tahun beroperasi di Papua –  wilayah paling timur dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Telah cukup lama kami memantau perkembangan pemberitaan dan penataan rubrik di media online Tiffanews dan terlihat sangat jelas bahwa media online ini merupakan yang pertama dan mungkin satu-satunya media online yang menyediakan ruang atau rubrik khusus bagi pemberitaan berbagai informasi kegiatan Freeport Indonesia. Ini merupakan salah satu nilai lebih dari media online Tiffanews  yang  berkantor  pusat  di Jayapura ,” kata pemerhati media, Habelino Sawaki, SH., M.Si (HAN) di Jayapura, Minggu (4/7).

Habelino yang adalah Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi Gerakan Mahasiswa Papua Indonesia (Gemapi) itu mengatakan, pihaknya telah mencermati banyak media cetak dan online yang bertebaran di Persada Indonesia, khususnya Tanah Papua (Provinsi Papua dan Papua Barat), namun hanya media online Tiffanews yang menyediakan kolom khusus untuk berbagai pemberitaan tentang PTFI.

“Mungkin saja,  ada pertimbangan khusus dari penyelenggara media Tiffanews untuk membuat rubrik khusus PTFI,  tetapi dugaan  saya, salah satu alasan memberikan rubrik khusus kepada perusahaan tambang mineral tembaga, emas dan perak yang beroperasi di Kabupaten Mimika, Papua itu adalah Tiffanews sendiri  ingin menyatakan kebanggaannya  pada Freeport  Indonesia yang  selama ini telah memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan manusia  Papua sekaligus wujud  kebanggaan masyarakat  Papua karena perusahan tambang ini sejak tahun 1970-an telah terbukti nyata memberikan  manfaat yang sangat besar bagi  Papua dan Indonesia,” kata Habelino.

Begitu pula, lanjut habelino, mungki saja pimpinan redaksi Tiffanews  telah lama memiliki relasi emasional dengan perusahan tambang ini,  sehingga memutuskan untuk membuka rubrik khusus bagi Freeport .

“Dengan demikian, apabila publik pengunjung dan pembaca Tiffanews asyik mengunjungi  dan menjelajah rubrik-rubrik informasi tentang    Asia- Pasifik, Olahraga, PON XX, Opini, Teropong dan sebagainya, maka mereka juga  pasti   mengunjungi  akan “meng-click”  rubrik Freeport Indonesia untuk menjelajah berbagai informasi di rubrik itu. Ini  sebuah terobosan  inovatif dan  sangat kreatif dari Tiffanews itu sendiri,” kata Habelino.

Di tempat terpisah, Pemimpin  Redaksi  Tiffanews.com,  Benhur Marcelino mengatakan, salah satu pertimbangan pimpinan media online ini  menyediakan  kolom khusus bagi pemberitaan berbagai kegiatan PTFI karena  wilayah operasi Freeport itu justru di atas Tanah Papua yang   hampir setiap saat menarik perhatian jutaan orang di berbagai belahan dunia.

“Apabila kami membuka  rubrik khusus  Freeport , maka begitu banyak orang akan mengarahkan perhatian ke situs media Tiffanews  guna  mengetahui apa saja yang sudah, sedang dan telah dilakukan Freeport bagi Indonesia, khususnya  bagi masyarakat di Tanah Papua,” kata Marcelino.

Bagaimanapun juga semua orang  yang punya mata dan Hati yang jernih   mengetahui bahwa Freeport  Indonesia telah berbuat  banyak untuk masyarakat di Tanah Papua, selain melalui pembayaran pajak dan pembagian keuntungan , juga melalui  pembangunan nyata di bidang ekonomi rakyat, kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur, khususnya bagi masyarakat yang bermukim di wilayah operasi tambang  itu yakni  masyarakat Kabupaten Mimika.

Prakarsa pembukaan rubrik khusus Freeport  di Tiffanews   secara tidak langsung merupakan sebuah bentuk pengakuan sekaligus pengharagaan tinggi  dari sebuah media online bernama  Tiffanews  bahwa dalam kelebihan dan kekurangannya sebagai sebuah perusahaan bisnis tambang mineral,ternyata  Freeport  Indonesia telah memberikan andil yang sangat besar bagi masyarakat di Tanah Papua dan Indonesia.

“Freeport memang tidak butuh dipuji dan dipuja tetapi, sebagai  warga masyarakat yang bermukim  di Tanah Papua dan sebagai pengelola media online di Tanah Papua  yang  telah dan sedang melihat dengan mata telanjang andil Freeport bagi pembangunan  Tanah Papua, maka  pantas dan wajarlah jika sebuah rubrik khusus  didedikasikan kepada PT Freport Indonesia,” kata Marcelino.

Kini, tinggal saja pihak Departemen Hubungan Masyarakat (Humas)  PTFI memanfaatkan rubrik ini untuk melakukan  sosialisasi dan diseminasi  program-program kerja PTFI  di Tiffanews , selain PTFI sendiri telah memiliki Website  (web) atau site (situs) tersendiri yang berisi teks,video, audio dan gambar terkait operasi perusahaan tambang itu.

“Pembukaan rubrik khusus Freeport di Tiffanews ini  merupakan inisiatif   dari pihak penyelenggara media online ini,  tanpa  terjadi   kesepakatan kerjasama berbayar dalam konteks bisnis media.  Rubrik Freeprt  merupakan sebuah dedikasi, pengakuan dan penghargaan Tiffanews atas kontribusi Freeport bagi  peningkatan kesejahteraan dan perdamaian masyarakat di Tanah Papua,” kata Marcelino. (Ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Polisi Tetapkan M Tersangka Pembunuhan Pemilik Toko Emas di Arso

TIFFANEWS.COM,- Penyidik Reskrim Polresta Jayapura Kota, Papua, menetapkan M sebagai tersangka pelaku pembunuhan terhadap Nasruddin alias Acik (44 th), pemilik toko emas di Arso, Kabupaten Keerom, yang dibunuh pada Senin (28/6) malam. Korban dibunuh di sekitar Holtekam saat mengendarai mobil dari Jayapura kembali ke Arso bersama istri korban  (25). Kapolda […]
Instagram did not return a 200.
Translate »