oleh

Tokoh Adat Sentani Sambut Kedatangan Kepala BNPB

-BERITA-119 views

TIFFANEWS.COM- Tokoh Adat Sentani yang juga Ondofolo Sereh Sentani Kabupaten Jayapura, Yanto Eluay menyambut baik kunjungan kerja yang dilakukan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI Letnan TNI Doni Monardo bersama Menteri Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy,  Menteri Kesehatan TNI (Purn) Dr. dr. Terawan Putranto, Pangkogabwilhan III Letjen TNI Ganip Warsito di Provinsi Papua kali ini.

Sementara itu pada kunjungan kerja kali ini, Kepala BNPB  Letnan TNI Doni Monardo menyempatkan waktunya untuk melakukan peresmian sekaligus pemberian bantuan mesin parut sagu dan mesin pengasap ikan di Kampung Sereh Sentani, Selasa (7/6).

“Saya sebagai salah satu tokoh adat di Sentani ini tentu menyambut baik kehadiran Kepala BNPB di Papua ini. Apalagi kedatangan kali ini juga dalam rangka penanganan Covid-19 di Tanah Papua, dan Papua Barat,” ungkap Ondofolo Sereh Sentani, Yanto Eluay ketika ditemui usai menerima kedatangan Kepala  BNPB RI Letnan TNI Doni Monardo dan rombongan pada peresmian mesin parut sagu dan mesin pengasap ikan di Kampung Sereh Sentani, Selasa (7/6).

Yanto mengaku,sebagai tokoh adat patut memberikan apresiasi, apalagi tujuan Pemerintah Pusat melalui tim gugus tugas Covid-19 ini, hadir di Papua untuk menyelamatkan masyarakat adat Papua, yang juga merupakan warga Negara Indonesia.

Sebagai salah satu tokoh adat di Sentani pihaknya berterima kasih bahwa dalam kunjungan kerja, para menteri ini menyempatkan waktu untuk meninjau sekaligus meresmikan dan memberi bantuan berupa mesin parut sagu dan mesin pengasap ikan bagi warga di Kampung Sereh Sentani.

“Jadi pemberian dua mesin itu merupakan bantuan dari BNPB RI dalam rangka pemulihan ekonomi bagi masyarakat di Kabupaten Jayapura yang terkena banjir bandang pada 16 Maret 2019 lalu,” ujar Yanto.

Yanto mengatakan, pemberian dua mesin tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat  di wilayahnya dalam situasi Covid-19 ini. Bantuan ini juga tentu mendukung kebijakkan pemerintah saat ini terhadap ketahanan pangan lokal agar masyarakat bisa mengolah alamnya untuk membuat kebun, tetapi juga sekaligus menjaga potensi alamnya untuk kebutuhan ketahanan pangan di kemudian hari.

Sementara itu Kepala BNPB RI Letnan TNI Doni Monardo mengaku, Pemerintah Pusat kini terus berupaya memberikan  progam-program yang bisa bermanfaat bagi masyarakat,  diantaranya memberikan bantuan mesin parut sagu portebel dan mesin pengasap ikan seperti yang diterima oleh warga di Kampung Sereh Sentani Kabupaten Jayapura ini.

Lanjut Doni Monardo, selain memberikan bantuan mesin, pihaknya juga memberikan bantuan rumah sagu yang saat ini masih dalam proses. Pihaknya berharap tokoh-tokoh adat di Papua terus memberikan dukungan terhadap semua program yang diberikan oleh Pemerintah Pusat maupun daerah saat ini.

“Kenapa kami memberikan bantuan ini, karena bantuan ini sangat mudah untuk dilakukan masyarakat Papua, yang mana ada keterkaitannya dengan alam. Salah satunya mesin parut sagu yang bisa dikelola oleh masyarakat Papua secara sederhana, untuk melengkapi kebutuhan dalam keluarga,”tambah Doni.(ans/dus)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed