Venue Cricket dan Hockey Relatif Siap, Pihak Terkait Perlu Kordinasi Pemilik Ulayat

Marcel
0Venue Cricket yang terletak di kampunf BAmbar, Doyo BAru, Kabupaten Jayapura. (Foto : Tiffanews.com/Tim)

TIFFANEWS.COM – Sebagai tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021, semua pihak di Papua saat ini diminta mendukung, ikut menyukseskan serta terus menggelorakan semangat pelaksanaan even olahraga akbar Empat Tahunan itu.

Tak ketinggalan dukungan dari tim dari Tiffanews.com. Salah satunya dengan mencoba melihat langsung progres pembangunan venue tempat pertandingan PON di Empat daerah yang menjadi klaster penyelenggara pertandingan.

Seperti pada Selasa (29/06/2021), tim tiffanews.com berkesempatan mengunjungi venue Cricket yang terletak di Kampung Bambar, Doyo Baru, Waibu, Kabupaten Jayapura.

Dari pantauan lapangan, Kawasan serta sarana pendukung venue Cricket yang pembangunannya dari dana APBN relative telah rampung.

Pembangunan Kawasan ini berdasarkan intruksi Presiden RI yang ditangani langsung oleh Kementerian PUPR dengan PT. Cahaya Bina Karya dan dikerjakan sejak dari Bulan Desember Tahun 2019.

Salah satu staf PT. Cahaya Bina Karya yang sempat berbincang dengan tim tiffanews mengakui, medio akhir bulan tanggal 31 Mei 2021 sudah pemeriksaan dari Satker Kementerian PUPR karena kontrak PT. Cahaya Bina Karya sudah berakhir dan untuk pemeliharaan masih menjadi tanggung jawab PT. Cahaya Bina Karya sampai 6 bulan sejak dilakukan pemeriksaan.

Jalan masuk kawasan venue cricket dan Hockey yang masih dipalang pemilik ulayat. (Foto : Tiffanews.com/Tim)

Dirinya juga tak menampik ada kendala hak ulayat, diantaranya soal  permasalahan lahan Jalan masuk menuju Venue, pagar Kawasan yang berada dekat lokasi kolam resapan air. Dimana, juga adanya klaim pemilik ulayat.

Dia berujar, khusus pembangunan Venue Cricket sendiri sudah mencapai 100% dan sudah diserahterimakan ke Dinas PU Papua.

“Jadi untuk pemeliharaan Venue tersebut sudah menjadi tanggung jawab Pemprov. Papua. Demikian halnya pembangunan Kawasan Taman, Lapangan parkir, Pagar, Saluran air dan lainnya, sudah dalam tahap pemeliharaan sejak dari tanggal 31 Mei 2021,” terang Ones.

Sementara terkait pembangunan Wisma Atlet I sudah mencapai 100% sedangkan untuk Wisma Atlet II yang dikerjakan oleh PT. Aiwondeni Permai baru mencapai 85% dan masih dalam tahap pekerjaan.

“Tentu kita berharap ada kordinasi yang baik pihak terkait, agar tak ada lagi permasalahan, misalnya soal hak ulayat itu,” pungkasnya. (Tim/Cel)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sukseskan PON XX, Kesbangpol Mimika Terus Bersinergi Minimalisir Potensi Gangguan

TIFFANEWS.COM – Pihak Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Mimika, terus bersinergi dan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait, guna menyukseskan pelaksanaan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021. Sebagaimana diketahui,  Kabupaten Mimika menjadi salah satu daerah klaster yang akan menjadi tempat penyelenggaraan pertandingan PON Papua tahun 2021. Sekretaris Badan […]
Instagram did not return a 200.
Translate »