Walau Masih Pandemi Covid, Atlet PON Papua Diharapkan Terus Bersemangat Berlatih

Tukan Ben
Arsip Foto : Atlet Medan Dina Raheal Simajuntak sedang beraksi di seleksi atlet Pelatda jangka panjang PON XXI/2024 Aceh-Sumut (Foto : ANTARA/HO)

TIFFANEWS.COM – Para atlet PON Papua diharapkan terus bersemangat dalam berlatih menuju puncak pesta olahraga tingkat nasional empat tahunan itu yang menurut rencana digelar 2 – 15 Oktober 2021 mendatang di empat klaster yakni Klaster Kota Jayapura, Kabupaten Mimika, Kabupaten Merauke dan Klaster Kabupaten Jayapura.

Harapan itu disampaikan salah seorang  warga masyarakat Papua , Omega Bastian (Om Bas) di Jayapura, Minggu (27/6) sehubungan dengan semakin dekatnya pelaksanaan PON XX Tahun 2021 dimana Papua merupakan tuan rumah penyelenggaraan PON  tersebut.

“Walapun dunia termasuk Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19 namun kiranya atlet-atlet dari Kontingen Papua   tetap semangat berlatih meskipun  ada  beberapa venue yang masih dalam proses penyelesaian akhir. Dengan demikian,   masyarakat umum dapat mulai merasakan dinamika dan gegap gempitanya   PON XX di Papua. Kita tentu  berharap para atlet tetap memprioritaskan program-program latihan yang sudah diberikan,” katanya.

Om Bas mengatakan, seluruh lapisan masyarakat di Indonesia terutama Papua memang menginginkan agar semangat dan dinamika PON sudah harus digelorakan dan  dirasakan sejak sekarang ini,  sebaliknya jangan sampai terasa sepi dari persiapan pesta olahraga itu.

Harapan yang hampir  senada pernah juga disampaikan Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda  (Disorda) Provinsi Papua, Alexander Kapissa pada April lalu  yang  mengklaim atlet PON XX dapat mulai berlatih menggunakan venue yang sudah  selesai dibangun dan direhabilitasi.

“Dari 13 venue yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua, 12 di antaranya sudah selesai 100 persen, sedangkan satu venue untuk cabang olahraga rugbi masih dalam proses lelang kini,” kata Alexander kepada  ANTARA  di Jayapura, Minggu (18/4) lalu.

Alex juga sangat berharap kiranya  para atlet tetap fokus untuk berlatih.

“Diharapkan juga kepada pelatih dan ofisial terus memberikan motivasi kepada para atlet untuk berlatih dengan penuh semangat,” tutur Alexander.

Sebelumnya, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) meminta kepada Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) bersama Panitia Besar PON setempat untuk mempermudah akses bagi atlet berlatih di beberapa venue yang sudah selesai dibangun serta direhabilitasi.

Sekretaris Umum KONI Provinsi Papua Kenius Kogoya mengatakan Pemerintah Provinsi Papua, melalui Dinas Olahraga dan Pemuda maupun Panitia Besar PON, bisa mempermudah atlet tuan rumah (Papua) untuk segera berlatih di sejumlah venue yang sudah rampung 100 persen.

“Kami harapkan Disorda dan PB PON mempermudah akses bagi para atlet Papua berlatih di venue, semua bekerja untuk kemenangan Papua di PON nanti, diminta dukungan PB PON dan Disorda untuk sama-sama mendukung atlet Papua berlatih di venue, jangan samakan atlet tuan rumah dengan kontingen lain,” kata  Kenius. (Ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kolonel (Mar) Feryanto Marpaung Jabat Danlantamal X Jayapura

TIFFANEWS.COM,- Kolonel Marinir Feryanto Pardamean Marpaung resmi menjabat Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan X Jayapura setelah melakukan serah terima jabatan dari pejabat lama Laksamana Pertama TNI Yeheskiel Katiandagho. Serah terima jabatan dipimpin Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto dan berlangsung di Mako Koarmada III Katapop Sorong Papua Barat. […]
Instagram did not return a 200.
Translate »