Wali Kota Jayapura Berencana Gelar Event Manfaatkan Arena Selam Laut PON

Tukan Ben
FOTO ILUSTRASI : Finis selam laut putra nomor 6000 m, Selasa (12/10). Foto : Instagram Kominfo.kotajayapura)

 

TIFFANEWS.COM,-  Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano berencana menggelar banyak event olahraga untuk memanfaatkan arena selam laut Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang berlokasi di Teluk Yos Sudarso, Jayapura.

Benhur mengungkapkan pekan olahraga daerah, baik tingkat kabupaten, kota maupun provinsi, bisa jadi ajang yang akan digelar di arena selam laut, sekaligus arena tersebut dapat digunakan sebagai tempat untuk membina atlet-atlet Papua.

“Jangan sampai venue ini rusak, kita akan buat event-event tingkat kota bahkan provinsi,” ujar Benhur kepada Antara yang ditemui di arena selam laut, Rabu (13/10).

“Supaya kita membagikan semangat olahraga ini karena saya lihat kontingen Papua sangat jarang mengikuti lomba ini mungkin sebagai ajang pembinaan para atlet,” dia melanjutkan.

Tak tanggung-tanggung, Benhur berkeinginan Teluk Yos Sudarso, yang menjadi arena cabang olahraga renang perairan terbuka dan selam laut PON Papua dapat dijadikan tempat program pemusatan latihan nasional (pelatnas) untuk mempersiapkan atlet mengikuti sejumlah turnamen.

“Bisa menjadi tempat pelatnas untuk Indonesia di tempat ini karena fasilitasnya sangat lengkap dan bagus,” kata Benhur.

Lebih dari itu, lokasi arena yang berada di pusat kota, menurut Benhur, menjadi nilai tambah mengingat arena olahraga selam laut maupun renang perairan terbuka biasanya berada jauh dari kota.

“Ini juga bisa melihat keindahan kota Jayapura dan banyak atlet mengaguminya,” ujar Benhur.

Wakil Ketua Umum Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Sarman Simanjorang menyebut lokasi renang perairan terbuka Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua di Teluk Yos Sudarso luar biasa dan layak untuk menggelar kejuaraan nasional dan internasional.

Sementara itu, Technical Delegate (TD) Selam, Amir Husein, mengatakan dermaga apung cabang olahraga selam yang dibangun di depan Kantor Gubernur Dok II Jayapura merupakan yang terbaik sepanjang sejarah penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional.

Atlet selam laut wakil tuan rumah Papua, Annisa Fabiola, juga memuji keindahan arena dengan air yang jernih, bahkan saat bertanding dia mengaku menikmati ikan-ikan yang ada di dalam laut.

Sementara cabang olahraga renang perairan terbuka telah berakhir, selam laut masih berlangsung. Mempertandingkan total delapan nomor, cabang olahraga yang dimulai Senin (11/10) bergulir selama empat hari hingga Kamis (14/10).(ant/*bn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Babak Pertama Final Sepakbola PON, Papua Ungguli Aceh 2-0

  TIFFANEWS.COM,- Tim sepak bola putra Papua mengungguli Aceh 2-0 hingga turun minum babak pertama final Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua berakhir di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Kamis (14/10). Kapten Papua Ricky Ricardo Cawor membukukan dwigol penyokong keunggulan tuan rumah yang masing-masing ia dapatkan lewat konversi tendangan penalti serta […]
Instagram did not return a 200.
Translate »