Wapres Ma’ruf Amin: Pemerintah Berkomitmen Percepat Pembangunan Papua

Tukan Ben
Wakil Presiden, KH Ma’ruf Amin, memimpin rapat tentang Papua di rumah dinasnya, di Jakarta, Senin (1/11/2021). (Foto : ANTARA/HO-Sekretariat Wakil Presiden)

 

TIFFANEWS.COM,- Wakil Presiden, KH Ma’ruf Amin, mengatakan pemerintah berkomitmen kuat untuk mempercepat pembangunan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat dengan menerbitkan berbahai kebijakan afirmasi.

“Pemerintah akan terus melanjutkan pembangunan seperti yang sudah digariskan terkait dalam inpres maupun undang-undang untuk meningkatkan kesejahteraan dalam bingkai NKRI, untuk menjadikan Papua aman dan sejahtera,” kata dia, saat memimpin rapat tentang Papua di rumah dinasnya, di Jakarta, Senin (1/11)

Sejak beberapa hari lalu Presiden Jokowi berada di luar negeri untuk lawatan resmi ke Italia, Skotlandia, dan Uni Emirat Arab.

Ma’ruf  juga mengatakan pemerintah telah menangani sebaik-baiknya fungsi konstitusional untuk pembangunan Papua dan Papua Barat.

Terkait kondisi keamanan di Papua, dia mengatakan situasi setempat sudah dalam keadaan aman, terlebih lagi dengan adanya penyelenggaraan Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX beberapa waktu lalu.

“Pada saat ini, situasi di Papua sudah dalam keadaan aman, terkendali dan kondusiif. Acara PON XX kemarin juga berlangsung dengan sukses dan Papernas (Pekan Paralimpiade Nasional) XVI yang akan dimulai 5 (November) juga akan berlangsung aman dan terkendali,” jelasnya.

Untuk kondisi kondisi keamanan lebih lanjut, dia meminta Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD, untuk berkoordinasi dengan baik bersama TNI, Polri dan Badan Intelijen Negara.

“TNI, Polri, BIN akan terus melakukan tugasnya untuk melindungi warga sipil dan melakukan pengegakan hukum dan keamanan,” katanya.

Sementara terkait kondisi pengungsi di Papua, dia meminta Menteri Kesehatan, Budi Sadikin, dan Menteri Sosial, Tri Rismaharini, untuk saling berkoordinasi.

“Kami menugaskan menteri sosial da menteri kesehatan untuk melakukan penanganan terhadap pengungsi dengan sebaik-baiknya, mengenai kesehatan, sosial dan dapur umumnya. Kemensos dan Kemenkes harus segera mengambil langkah,” ujar dia.(ant/*bn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Waket PB Peparnas XVI Papua: Sukses Peparnas XVI Harga Diri Papua

  TIFFANEWS.COM,- Wakil Ketua II PB Peparnas XVI Papua Hans Hamadi mengatakan, kesuksesan penyelenggaraan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI adalah harga diri masyarakat Papua. “Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Papua mampu menyelenggarakan kegiatan berskala nasional. Peparnas adalah harga diri bagi masyarakat Papua. Jadi harus berhasil dari semua sisi,” ujar Wakil […]
Translate »